Home / Artikel / Wanita / Anggia Ermarini, Panglima Baru Fatayat

Anggia Ermarini, Panglima Baru Fatayat

Anggia Ermarini (Foto : Istimewa)
Anggia Ermarini (Foto : Istimewa)

thayyiba.com :: Kongres ke XV Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) yang berlangsung di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya tadi malam memutuskan secara aklamasi Anggia Ermarini, wanita yang masih muda, pintar dan cantik, sebagai Ketua Umum PP Fatayat NU masa khidmat 2015-2020.

Dalam pandangan umum seluruh pengurus wilayah Fatayat se Indonesia memberikan dukungan penuh ke Anggia untuk menduduki kursi orang nomor satu di Fatayat. Anggia Ermarini menggantikan Ida Fauziyah sebagai ketua umum sebelumnya. Sebelumnya, Anggia sempat bersaing dengan Margaret Aliyatul Maimunah. Namun akhirnya peseera kongres menjatuhkan pilihan kepada Anggia.

Setelah terpilih, Anggia yang merupakan mantan Sekretaris PP Fatayat NU 2010-2015 ini mengatakan, dirinya akan merangkul semua potensi di Fatayat NU, dan mendukung serta melaksanakan program-program prioritas seperti pengembangan organisasi, kesehatan, ekonomi selama 5 tahun akan datang. Fatayat NU juga akan membangun grand design untuk 25 tahun mendatang.

Sebelum kongres ini, Anggia Ermarini pada banyak kesempatan mengaku sebagai ibu rumah tangga biasa yang sedang mengemban Amanah Sebagai Sekertaris Umum PP Fatayat NU dan Sekertaris PP LKNU ( Lembaga Kesehatan NU). Turut mengabdi di dunia pendidikan dengan mengajar di Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Selain sebagai pengajar, Anggia yang lahir di Sragen, Jawa Tengah pada 25 September 1974 ini banyak konsen di kerja-kerja penanggulangan HIV/AIDS. Mulai dari kampanye pencegahan, penanggulangan, advokasi, hingga konseling Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dia lakoni. Menyangkut aktifitasnya ini, Anggia tercatat sebagai salah satu anggota dari Multi-Faith Working Group on Strengthening Religious Leadership in the Response to HIV yang berpusat di Jenewa.

Anggia juga aktif dalam dunia politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada pemilu legislatif lalu Anggia maju sebagai calon DPR dari Jawa Timur. Sayang dia belum terpilih untuk duduk sebagai anggota legislatif.

Berikut riwayat singkat Anggia Ermarini.

Lahir, 25 September 1974 di Sragen, Jawa Tengah.

Suami, Sultonul Huda

Anak, 4 orang.

SDN I Gondang Sragen 1980-1986
SMPN 1 Gondang Sragen 1986-1990
SMAN I Sragen 1990-1993
IKIP Malang, 1993-1998
Ketua Korp PMII Puteri Cab. Malang 1996-1997
Ketua 1 PB Korp PMII Puteri 1997-2000
Bidang Advokasi PP Fatayai NU 2005
Ketua Departemen Kependudukan PP LKKNU 2005-2010
Project Officer GNKL PBNU
Sekjend INTERNA
Sekretaris Lembaga Kesehatan NU
Ketua PP Fatayai NU

Program Coordinator Young People Reproductive Health, Jakarta, 2003-2005
Dosen Tamu Fakultas Kesehalan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta, 2006-sekarang
PMPRNU Global Fund HIV/Round 9 2012-sekarang. (redaksi/thayyiba)

 

About Redaksi Thayyiba

Redaksi Thayyiba
Redaktur

Check Also

Lebih Cantik Istri atau Bidadari Surga?

ilustrasi (Straight) thayyiba.com :: Lebih cantik istri atau bidadari? Siapa yang lebih cantik, istri dari kalangan ...