Home / Kabar / Afrika / Akses Internet Lebih Cepat, Google Ciptakan Algoritma Brotli

Akses Internet Lebih Cepat, Google Ciptakan Algoritma Brotli

Google
Google

thayyiba.com :: Sekarang, kebanyakan dari negara di dunia ini, sudah mempunyai kecepatan internet yang cukup tinggi. Namun ada beberapa negara di belahan dunia ini yang mempunyai kecepatan internet lambat, sehingga pengguna harus mencari cara yang tepat untuk tetap terhubung ke internet.

Agar internet bisa dinikmati dengan nyaman walaupun di tempat yang minim internet, Google ciptakan algoritma baru yang disebut dengan Brotli. Brotli ini pada dasarnya akan membantu mengecilkan gambar, font, dan konten lainnya. Harapannya, ukuran file yang lebih kecil akan menghasilkan waktu loading lebih cepat.

Sebenarnya, Brotli merupakan penerus dari Zopfli, kode kompresi lain dari Google yang dirilis beberapa tahun lalu. Dengan perkembangan ilmu dan teknologi, Brotli dibuat lebih efisien dibanding pendahulunya.

Menariknya, Google memberikan kode Brotli ini ke publik. Sehingga, para pengembang yang ingin membantu mengompres internet tanpa harus membuat kode mereka sendiri. Pengembang juga bisa membuat kode tersebut lebih menarik atau diubah sesuai keinginannya, tanpa membayar lisensi ke Google alias gratis.

“Kami berharap bahwa format ini akan didukung oleh browser utama dalam waktu dekat menjadi ukuran yang lebih kecil untuk memberikan manfaat kepada pengguna mobile, seperti biaya transfer data lebih rendah, dan mengurangi penggunaan baterai,” ujar Zoltan Szabadka, Google engineer. (thayyiba)

About Lurita

Lurita

Check Also

download

Qatar Unjuk Kekuatan di Timur Tengah Lewat Neymar

Thayyiba.com:: Jakarta.- Pemberitaan mengenai kepindahan Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain seakan ‘membersihkan’ wajah Qatar dari ...