Home / Artikel / Artikel Lepas / Wahai Pemuda, Dekatilah Ulama

Wahai Pemuda, Dekatilah Ulama

shalat

thayyiba.com :: Pemuda memiliki peran penting dalam kemajuan agama, bangsa dan negara. Sebab, pemuda adalah orang-orang yang masih memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Sehingga, dengan buah karya dan semangat mereka dalam meraih cita-cita bisa memberikan peluang yang baik terhadap suatu perubahan. Tentunya perubahan yang mengarah pada kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat.

Tetapi, tak semua pemuda memiliki pemikiran yang sama. Ada banyak pemuda yang lebih asyik dengan hidupnya sendiri, tanpa mementingkan orang lain. Nah, hal seperti ini janganlah kita biarkan. Sebab, pemuda ada aset bangsa. Semangat mereka sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Untuk itu, sebagai seorang pemuda muslim, Anda perlu menyadari peran penting keberadaan Anda di dunia ini. Amanah yang dipikulkan kepada Anda tentu tidaklah mudah. Sebagai pemuda, Anda harus memiliki tingkat kualitas yang tinggi demi menghilangkan keterpurukan terhadap agama, bangsa dan negara. Tapi, bagaimana caranya?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan mencari ilmu. Ya, mencari ilmu itu wajib bagi setiap orang, khususnya bagi para pemuda. Dan pencarian ilmu terbaik ialah dengan mendekati para ulama.

Allah Ta’ala berfirman, “Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan ulil amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan ulil amri). Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (di antaramu),” (QS. An-Nisaa [4]: 83).

Anda janganlah (hanya) mengikuti perasaan dan semangat saja. Hendaknya Anda berjalan meniti jalan hidayah di atas bimbingan para ulama terpercaya dan para pakar yang luas ilmunya dan memiliki banyak pengalaman yang bermanfaat. Hendaklah Anda mengikuti nasihat mereka, dan bertindak berdasarkan musyawarah bersama mereka. Dengan begitu, maka Anda bisa memberikan manfaat kepada umat dan agama.

Hal ini dilakukan, juga lebih melindungi dari propaganda terhadap para pemuda untuk membelokkan mereka dari kebenaran. Dan juga lebih menyebar-luaskan cahaya kebenaran di muka bumi.

About A Halia

A Halia

Check Also

5 Pertanyaan Ini Sering Diajukan Misionaris untuk Memurtadkan Umat Islam

5 Pertanyaan Ini Sering Diajukan Misionaris untuk Memurtadkan Umat Islam

thayyiba.com :: Dr Zakir Naik mengungkapkan bahwa jumlah misionaris saat ini mencapai satu juta orang. Di ...