Home / Kabar / Eropa / Tegas! Belanda Usir Menlu Turki, Turki Balas Segel Kedubes Belanda

Tegas! Belanda Usir Menlu Turki, Turki Balas Segel Kedubes Belanda

Thayyiba.com:: Belanda melarang Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mendarat di Rotterdam setelah hubungan kedua negara tegang menyusul pernyataan Presiden Tayyip Erdogan bahwa Belanda adalah peninggalan Nazi.

Insiden luar biasa itu terjadi beberapa jam setelah Mevlut Cavusoglu menyatakan akan terbang ke Rotterdam kendati dilarang Belanda karena dukungannya atas pembersihan kekuasaan yang dilakukan Erdogan.

Eropa, kata dia, harus mengakhiri prilaku nge-bos-nya.

Cavusoglu yang juga dilarang di Hamburg untuk berbicara di konsulat Turki pekan lalu, menuduh Belanda memperlakukan warga Turki di Belanda seperti tawanan dengan mengasingkannya dari Ankara.

“Saya mengirim mereka untuk memberikan kontribusi bagi perekonomian Anda. Mereka bukan tawanan,” katanya kepada CNN Turki.

Cavusoglu mengancam menerapkan sanksi ekonomi dan politik yang keras jika Belanda menolaknya masuk.

Sementara itu tokoh sayap kanan Belanda yang anti-muslim, Geert Wilders, mencuit, “Bagi orang Turki di Belanda yang sepemandangan dengan Erdogan: Pulanglah ke Turki dan jangan pernah kembali.”

Sedangkan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan negaranya tidak akan pernah bernegosiasi dengan Turki jika di bawah ancaman seperti itu.

Sebaliknya Erdogan, di depan pendukugnya, balas berkata, “Dengar ya Belanda…Kalian boleh membatalkan penerbangan menteri luar negeri kami sesering yang kalian mau, tapi camkan juga bagaimanan nasib penerbangan kalian ke Turki.”

“Mereka tidak tahu diplomasi atau politik. Mereka peninggalan Nazi. Mereka fasis,” kata Erdogan.

Rutte marah Belanda disamakan dengan Nazi dan fasis yang disebutnya “pernyataan yang gila”.

“Saya paham mereka marah tetapi yang satu ini sudah di luar batas,” kata Rutte.

Erdogan marah atas kritik Barat terhadap rangkaian pembersihan politik di dalam negerinya terhadap anasis-anasir yang dinggap terlibat dalam kudeta gagal tahun lalu.

Sementara itu Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan akan berbuat apa saja untuk mencegah meluapnya ketegangan politik Turki ke dalam negeri Jerman.

Empat penerbangan Turki ke Austria dan satu ke Swiss juga dibatalkan, demikian Reuters.

Kedubes Belanda Disegel Turki

Pihak berwenang Turki telah menyegel kedutaan dan konsulat Belanda, kata sejumlah sumber pada kementerian luar negeri Turki, Sabtu.

Tindakan itu dilakukan di tengah meningkatnya perselisihan antara kedua negara menyangkut kampanye Turki di Eropa.

Turki juga menutup kediaman duta besar, kuasa usaha dan konsul jenderal Belanda.

Ketegangan antara kedua negara sesama anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) itu meningkat setelah Pemerintah Belanda melarang menteri luar negeri Turki terbang ke Rotterdam.

Sebelumnya, Menteri Urusan Keluarga Turki Fatma Betul Sayan Kaya dihadang oleh kepolisian Belanda untuk masuk ke konsulat Turki di Rotterdam, demikian Reuters.

About Abu Fira Smart

Abu Fira Smart

Check Also

download

Qatar Diasingkan Tetangganya, Turki Turun Tangan Membantu

Thayyiba.com:: Ankara/Doha- Turki menggelarkan tentaranya ke Qatar, Rabu waktu setempat, dan bersumpah akan memberikan pasokan ...