Home / Artikel / Kesehatan / Ngeri! Kondisi Ini Bakal Kamu Alami Kalau Kurang Tidur

Ngeri! Kondisi Ini Bakal Kamu Alami Kalau Kurang Tidur

chopra.com

 

thayyiba.com :: Setiap orang harus punya waktu yang cukup untuk tidur, tergantung usianya juga. Orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 8 sampai 9 jam setiap malamnya. Tapi aktivitas yang berbeda dari setiap orang, berbeda pulalah waktu tidur mereka. Ada yang bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, ada pula yang sedikit.

Jadi, mulailah membiasakan untuk mengatur waktu yang seimbang antara aktivitas dan istirahat untuk tubuh. Berhenti melakukan kebiasaan tidak penting di saat jam tidur, seperti menonton televisi, melanjutkan pekerjaan kantor, atau aktivitas lainnya. Karena kondisi berbahaya ini akan dialami oleh tubuh, kalau kamu kurang tidur.

Sistem kekebalan tubuh menurun


ourcommunitynow.com

Fungsi tidur adalah membuat tubuh beristirahat dan antibodi bekerja dengan baik. Saat tidur tubuh akan melepaskan antibodi pelawan infeksi dan juga sitokin, yaitu protein yang berguna untuk melawan stres, infeksi dan peradangan.

Kalau kurang tidur, fungsi antibodi akan menurun dan membahayakan keadaan tubuh. Jadi kebiasaan tidur kurang dari 7 jam juga akan membuat tubuh gampang diserang virus dan juga penyakit berbahaya.

Kondisi otak akan melemah


msecnd.net

Kemampuan fokus otak akan menurun kalau tubuh kurang tidur, dan bahkan bisa kepada gangguan yang cukup serius. Penelitian mengejutkan mengatakan kalau karyawan yang bekerja di rumah sakit selama 24 jam, akan melakukan kesalahan sebanyak 300 persen.

Sehingga mengakibatkan kematian pada pasien, dibandingkan karyawan yang bekerja shift selama 16 jam.

 

 

Akan meningkatkan risiko obesitas


testtube.com

Banyak anggapan bahwa kurang tidur identik dengan kenaikan berat badan atau obesitas. Penelitian yang dilakukan oleh Endocrine Society mengatakan kalau begadang akan membuat orang susah menentukan pilihan makanan yang akan mereka makan dan meningkatkan produksi Ghrelin, atau hormon yang memicu rasa lapar.

Sehingga membuat orang akan lebih banyak makan, terutama makanan yang tidak sehat seperti fast fooddan makanan instan. Risiko obesitas meningkat sebanyak 20 persen.

Kulit akan menjadi kusam dan gampang jerawatan


healthstatus.com

Kulit akan mengalami pergantian sel yang baru saat tidur, sehingga bisa membantu mencerahkan kulit dan mencegah tumbuhnya jerawat. Buat wanita, tidur akan meningkatkan produksi Kolagen, yaitu protein yang membuat kulit tetap halus dan kenyal.

Kalau waktu tidur kurang, aktivitas ini akan terganggu, membuat kulit menjadi kusam, cepat keriput dan rentan jerawatan.

Tekanan darah meningkat dan berisiko terkena serangan jantung serta stroke


picdn.net

Siapa sangka, dengan tidur saja, jantung akan melakukan kerjanya untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh. Tapi dengan jumlah jam tidur yang kurang, tekanan darah akan meningkat dengan cepat dan meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Sumber: IDN Times

About A Halia

A Halia

Check Also

gb24

Kenapa Kita Harus Hindari Lepas Balon? Ini 5 Alasannya

thayyiba.com – Balon yang indah ternyata punya konsekuensi buruk bagi lingkungan. Namun demikian, hingga kini ...