Home / Fashion / Life & Love / Budget Rp 20 Juta, Ini Trik Jitu Gelar Pernikahan Bahagia!

Budget Rp 20 Juta, Ini Trik Jitu Gelar Pernikahan Bahagia!


instagram.com/tarrabudiman

thayyiba.com :: Menikah mungkin jadi tujuan hidup sebagian besar orang. Mengikat janji suci sehidup semati dengan orang yang dicintai untuk kemudian membangun keluarga bersama. Namun, impian ini seringnya terkendala masalah biaya. Apalagi bagi generasi muda yang ingin membiayai pernikahannya sendiri tanpa merepotkan orangtua.

Tenang, kamu bisa menabung dahulu dengan pasangan untuk persiapan menikah. Dengan budget Rp 20 juta kamu sudah bisa melangsungkan pernikahan kok. Bagaimana caranya?

1. KUA


alienco.net

Menikah di kantor urusan agama bisa jadi cara jitu untuk memangkas biaya. Di KUA biasanya tidak dipungut biaya. Kalo pun ada biaya administrasi tak lebih dari Rp 100.000. Tapi usahakan untuk menikah di hari kerja karena biaya yang dikeluarkan bakal berbeda di akhir pekan. Selain itu, biaya ini hanya berlaku bagi pasangan yang menikah di KUA, jika memanggil petugas catatan sipil di luar KUA maka biaya yang dikenakan sebesar Rp 600.000.

Biaya :

Menikah di KUA : Rp 0 – Rp 100.000
Menikah di luar KUA : Rp 600.000

2. Nikah masal


theguardian.com/ Ahn Young-joon/AP

Nikah masal juga bisa jadi cara jika kamu ingin hemat biaya. Menikah masal tidak dipungut biaya. Jadi, kamu bisa menggunakan budget yang kamu punya untuk menyewa baju, make up, mas kawin dan lainnya. Biar seru mungkin kamu bisa mengajak teman-temanmu yang memang sudah siap dan ingin menikah di hari yang sama.

Biaya : Rp 0

3. Rumah ibadah


muslimahzone.id

Selain menikah di KUA, kamu juga bisa menikah di rumah ibadah. Bagi kamu yang muslim bisa menikah di masjid dan yang nasrani bisa mengikat janji suci di gereja. Biaya yang digelontorkan tentunya lebih hemat.

Biaya perkiraan :

Muslim = Rp 500.000* (infaq masjid)+ Rp 500.000 (penghulu) = Rp 1.000.000
Gereja = Rp 1.000.000* (Gereja dan romo) + Rp 500.000 (paduan suara) + Rp 500.000 (bunga altar) = Rp 2.000.000

*semua biaya di atas tergantung ketentuan masing-masing rumah ibadah

4. Garden party di rumah tetangga yang halamannya luas.


delbarrmoradi.com

Menikah itu tak harus dilaksanakan di ballroom hotel atau gedung mewah. Untuk menghemat biaya, kamu bisa menggelar resepsi dengan meminjam rumah tetangga yang memiliki halaman luas.

Biaya perkiraan :

Pinjam rumah tetangga : Rp 0
Dekorasi lampu dan lampion : Rp 1.000.000

5. Sewa aula / gedung serbaguna


rusticweddingchic.com

Menyewa gedung aula atau gedung serbaguna bisa jadi alternatif lainnya. Tentu biaya ini lebih murah dibandingkan menyewa gedung pernikahan atauballroom hotel. Kamu bisa menyewa gedung aula yang dekat dengan pemukiman. Selain itu, kamu bisa mendekorasinya seperti yang kamu mau. Dekorasinya pun tak perlu mewah. Lampu, kain, dan juga lampion bisa dijadikan hiasan untuk membuatvenue pernikahanmu terlihat elegan.

Biaya perkiraan :

Sewa aula : Rp 0 – Rp 5.000.000

6. Rumah sendiri


alienco.net

Menikah di rumah juga gak ada salahnya dicoba. Budget Rp 20 juta cukup kok untuk menggelar pesta kecil-kecilan. Kamu bisa mengundang kerabat dekat, sahabat, dan tetangga dekat di pesta ini. Selain itu, mintalah bantuan tetangga sebagai seksi konsumsi untuk menghemat biaya.

7. Resto


pigeonhouse.ie

Sekarang banyak resto yang menyediakan paketwedding. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 70-an juta. Harga ini tentu sangat terjangkau karena sudah dilengkapi denganvenue, dekorasi, katering, hingga mc dan band. Sekedar saran, kamu bisa mengambil paket dengan biaya tengah seperti Rp 10 – Rp 15 juta, kemudian gunakan uang sisanya untuk memenuhi printilan nikah lainnya.

8. Nikah bareng saudara atau sahabat.


theincredibletide.wordpress.com

Punya saudara atau sahabat yang akan menikah dekat dengan tanggalmu dan pasangan menggelar resepsi? Kamu bisa menggunakan cara jitu ini. Kamu bisa mengadakan resepsi secara bersamaan dengan mereka. Dijamin bakal menghemat biaya yang dikeluarkan karena kalian bisa patungan. Bahkan, kamu juga bisa memangkas jumlah tamu undangan karena sebagian besar tamu undangan kalian sama.

Gimana? Udah siap menikah? Atau punya ide nikah hemat lainnya? Bagikan di kolom komentar yuk!

Sumber: IDN Times

About A Halia

A Halia

Check Also

w644

Dian Sastro dan Nagita Slavina Bisnis Mukena, Ini Harganya

Dian Sastro dan Nagita Slavina memasarkan mukena berbahan brukat dan viscose Jepang. thayyiba.com :: Dian Sastro ...