Home / Catatan / Catatan Tokoh / Keturunan Tionghoa, Inilah Profil Lengkap Pakar Ekonomi Islam Dr Syafi’i Antonio

Keturunan Tionghoa, Inilah Profil Lengkap Pakar Ekonomi Islam Dr Syafi’i Antonio

thayyiba.com :: Lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 12 mei 1967. Nama aslinya Nio Cwan Chung (sekarang M. Syafii Antonio). Muhammad Syafii Antonio adalah WNI keturunan Tionghoa, dia merupakan pakar ekonomi Islam.

Sejak kecil Muhammad Syafii Antonio mengenal dan menganut ajaran Konghucu, karena ayah Muhammad Syafii Antonio seorang pendeta Konghucu. Selain mengenal ajaran Konghucu, Muhammad Syafii Antonio juga mengenal ajaran Islam melalui pergaulan di lingkungan rumah dan sekolah.

Muhammad Syafii Antonio sering memperhatikan cara-cara Ibadah orang-orang muslim. Kerena terlalu sering memperhatikan tanpa sadar Muhammad Syafii Antonio diam-diam suka melakukan shalat. Kegiatan ibadah orang lain ini Muhammad Syafii Antonio lakukan walaupun Muhammad Syafii Antonio belum mengikrarkan diri menjadi seorang muslim.

Kehidupan keluarga Muhammad Syafii Antonio sangat memberikan kebebasan dalam memilih agama. Sehingga Syafii muda memilih agama Kristen Protestan. Setelah itu Syafii Antonio berganti nama menjadi Pilot Sagaran Antonio. Kepindahan Muhammad Syafii Antonio ke agama Kristen Protestan tidak membuat ayah Muhammad Syafii Antonio marah. Ayah akan sangat kecewa jika Muhammad Syafii Antonio sekeluarga memilih Islam sebagai agama.

Sikap ayah Muhammad Syafii Antonio ini berangkat dari image gambaran buruk terhadap pemeluk Islam. Ayah Muhammad Syafii Antonio sebenarnya melihat ajaran Islam itu bagus. Apalagi dilihat dari sisi Al Qur’an dan hadits. Tapi, ayah Muhammad Syafii Antonio sangat heran pada pemeluknya yang tidak mencerminkan kesempurnaan ajaran agamanya.

Gambaran buruk tentang kaum muslimin itu menurut ayah Muhammad Syafii Antonio terlihat dari banyaknya umat Islam yang berada dalam kemiskinan,keterbelakangan,dan kebodohan. Bahkan, sampai mencuri sandal di mushola pun dilakukan oleh umat Islam sendiri. Jadi keindahan dan kebagusan ajaran Islam dinodai oleh prilaku umatnya yang kurang baik.

Kendati demikian buruknya citra kaum muslimin di mata ayah, tak membuat Muhammad Syafii Antonio kendur untuk mengetahui lebih jauh tentang agama islam. Untuk mengetahui agama Islam, Muhammad Syafii Antonio mencoba mengkaji Islam secara komparatif (perbandingan) dengan agama-agama lain.

Sumber: berdakwah

About A Halia

A Halia

Check Also

Sebelum Datang ke Indonesia, Dr Zakir Naik Bimbing Syahadat Pemuda Hindu

Sebelum Datang ke Indonesia, Dr Zakir Naik Bimbing Syahadat Pemuda Hindu

thayyiba.com: : Ulama asal Mumbai India Dr Zakir Naik membimbing seorang pemeluk agama Hindu untuk mengucapkan ...