Home / Keluarga / Kesehatan Ibu dan Anak / Puasa Pertama Untuk Anak, Perhatikan Kemampuan & Keterbatasan

Puasa Pertama Untuk Anak, Perhatikan Kemampuan & Keterbatasan

Foto: copyright DePhotology Kukuh Digital Studio

thayyiba.com :: Ramadan sudah di depan mata, tak lama lagi umat muslim di seluruh dunia akan memulai ibadah puasa. Selama sebulan penuh menahan lapar, haus, dan segala nafsu lainnya, apakah puasa ini boleh dilakukan oleh anak-anak? Masih banyak orang tua yang ragu, kapan bisa mulai mengajarkan anak berpuasa. Memikirkan efek puasa pada anak-anak, tentu bikin penasaran kan, moms?

Nah, dalam tulisan ini, Vemale bakal coba membantu mengurangi rasa penasaran moms soal puasa untuk anak-anak. Pada dasarnya, di usia sekitar empat atau lima tahun, anak sudah diperbolehkan untuk dilatih puasa. Memang belum ada ketentuan baku, sejak usia berapa mereka boleh mulai berpuasa, tapi untuk perkenalan dan membiasakan diri, bisa diajarkan sejak dini.

Tak perlu khawatir soal perkembangan dan pertumbuhan atau metabolisme anak saat mulai belajar berpuasa, moms. Meski hingga kini belum ada penelitian khusus mengenai pengaruh puasa pada anak, namun dengan mencermati kondisi mereka, moms bisa memutuskan apakah akan mulai mengajarkan mereka berpuasa. Seperti apa sih yang dimaksud mencermati kondisi?

Lihat Kemampuan dan Keterbatasan

Perhatikan kemampuan dan keterbatasan anak saat mulai berpuasa. | Foto: Ilustrasi

Setiap anak tentu punya kemampuan dan keterbatasan yang berbeda-beda. Moms bisa mencoba sehari pertama, sampai di mana batas kemampuan mereka. Jika belum mengeluh dan masih tampak baik-baik saja, maka proses puasa masih bisa dilanjutkan. Di awal, mungkin moms bisa memperkenalkan puasa setengah hari, tapi harus tetap beri penjelasan mereka tentang puasa penuh, seperti seharusnya.

Persiapan Optimal

Menu dengan komposisi yang tepat, berpengaruh pada daya tahan tubuh anak loh, moms! | Foto: Ilustrasi

Jika sudah tau seperti apa kondisi anak, moms bisa mempersiapkan segalanya dengan optimal. Untuk pengalaman pertama anak puasa ini, usahakan semua berjalan sewajar mungkin. Persiapan optimal bisa dilakukan dengan membuat menu sahur dengan komposisi sesuai kebutuhan tubuh anak. Begitu pula dengan menu berbuka. Dan jangan lupa selalu sedia vitamin untuk daya tahan tubuh anak.

Well moms, selama persiapan optimal, tentunya kita tidak perlu terlalu khawatir terhadap perkembangan fisik, tumbuh kembang, serta metabolisme mereka. Selamat mempersiapkan puasa pertama untuk si kecil!

Sumber Vemale

About A Halia

A Halia

Check Also

w644 (7)

Rasa Makanan Bisa Sebabkan Anak Susah Makan

Ilustrasi   thayyiba.com :: Anak yang sulit makan tentu bisa membuat cemas orangtua. Tak jarang, ...