Home / Fashion / Life & Love / Lakukan 6 Hal Ini Setelah Mendapatkan THR

Lakukan 6 Hal Ini Setelah Mendapatkan THR

thayyiba.com :: Nggak bisa dipungkiri, Tunjangan Hari Raya (THR) adalah hal yang bikin semangat untuk menyambut Hari Raya. Niat awalnya sih, THR mau ditabung untuk kebutuhan mendesak dan sekian persennya untuk senang-senang. Tapi nyatanya, malah banyak yang terlalu kalap yang menyebabkan uang THRnya ludes dalam waktu singkat.

Padahal, kamu seharusnya jangan kalap karena sebagiannya belum tentu punyamu, dan kamu juga jadi kurang bisa menahan diri.

Biar kamu nggak terjebak dengan kekalapan dan jadi lebih dewasa dalam menggunakan THR, ini dia beberapa hal yang harus kamu lakukan.

1. ‘Bersihkan’ diri dan harta


Image: Flickr.com/zaini abdullah 

Saat kamu mendapatkan rezeki berlebih, sebagai umat Muslim, kamu wajib untuk membersihkan harta, salah satunya dengan berzakat.

Sebelum kamu terkesima dengan nominal uang di ATM, buang dulu deh jauh-jauh untuk belanja ini-itu di midnight sale. Prioritaskan zakat fitrah yang harus kamu penuhi sebelum waktu sholat Ied. 3,5 liter beras nggak berat, kan? Toh, gunanya juga untuk menyucikan uangmu juga lho.

Selain itu, saat bulan Ramadhan ini, ada baiknya untuk banyak-banyak beramal. Kamu juga bisa melakukan zakat Maal atau zakat untuk membersihkan harta yang cara penghitungannya adalah 2,5% dari harta yang tersimpan selama setahun. Pastikan kamu membayar zakat Maal ke lembaga yang resmi untuk memastikan zakat tersebut nggak jatuh ke tangan yang salah.

2. Selamatkan diri Anda dari utang-utang


Image: Pixabay.com/stevepb 

Sebelum berniat untuk belanja, pastiin dulu kamu udah mencicil bayar hutang. Sebelum kamu jalan-jalan ke mal dan tergoda dengan diskon gila-gilaan, lebih baik kamu siapkan uang untuk membayar hutang terlebih dahulu, apalagi tagihan kartu kredit yang semakin lama semakin numpuk.

3. Langsung masukkan ke tabungan


Image: Pixabay.com/stevepb 

Sejatinya, THR diberikan bukan untuk hanya dihabiskan dalam kurun waktu harian aja. THR yang kamu dapatkan harusnya bisa jadi modal untuk kebutuhan lainnya, mulai dari menabung untuk liburan, melengkapi cicilan investasi rumah atau kendaraan, atau bahkan untuk mengembangkan bisnis.

Jadi, sesaat kamu udah mendapatkan uang THR tersebut, usahakan untuk langsung mengalokasikan uangnnya ke rekening tabungan biar nggak terpakai untuk belanja. Perlu diingat juga akan ada banyak kebutuhan mendadak, jadi lebih baik kamu berjaga-jaga.

4. Jangan lupakan keluarga di kampung halaman


Image: Flickr.com/Udey Ismail 

Pulang kampung di Hari Raya bukan cuma untuk bersilaturahmi dengan keluarga, tapi ini juga bisa jadi kesempatan untuk berbagi rezeki dengan keluarga di daerah pelosok. Nggak mesti memberikan uang, tapi kamu bisa membelikan beberapa perlengkapan rumah tangga, obat-obatan atau bahkan fasilitas kursi roda untuk sesepuh di kampung yang sudah tua, pasti hal tersebut akan sangat berarti untuk keluargamu di kampung.

Menjelang Lebaran juga kamu bisa berbagi-bagi perlengkapan sholat, baju lebaran atau bagi-bagi sembako untuk keluarga.

5. Keponakan-keponakan kecil selalu menanti


Image: Flickr.com/adhiwus.com Photograph 

Sudah jadi tradisi bahwa Hari Raya adalah momen kumpul keluarga dan berbagi rezeki kepada anak-anak kecil. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berbagi kepada adik-adik atau saudaramu yang masih kecil untuk memberikan sedikit tabungan di Hari Raya ini.

Selain uang, kamu pun juga bisa memberikan benda lain, seperti tas sekolah, alat tulis, atau bahkan alat sholat yang pastinya akan lebih berguna.

6. Penuhi kebutuhan diri sendiri


Image: Flickr.com/springwools 

Setelah berbagai kebutuhan di atas udah terpenuhi, sekarang waktunya kamu memperhatikan diri sendiri. Coba seleksi kembali berbagai kebutuhanmu, mulai dari HP yang baterainya sudah mulai sering bocor, atau bahkan laptop yang sudah mulai sering eror. Kebutuhan ini mungkin tidak terlalu terdesak, namun setelah mendapatkan THR dan tabunganmu sedikit bertambah, bisa dibilang ini waktu yang tepat untukmu mulai memperhatikan kebutuhan diri.

Sumber: shopback

About A Halia

A Halia

Check Also

w644 (14)

Resep Cara Membuat Tahu Krispi Salju

Tahu krispi yang satu ini juga cocok dipadukan dengan saus mayonaise.   thayyiba.com :: Ingin menikmati ...