Home / Keluarga / Kesehatan Ibu dan Anak / Tips Agar Anak Biasa Bangun Pagi

Tips Agar Anak Biasa Bangun Pagi

bayi tidur

thayyiba.com :: Kita bisa melakukan hal ini untuk membiasakan anak bangun pagi

1- Atur Jam Tidur Anak
jam tidur ini perlu diperhatikan. Tidur yang terlalu larut dapat membuat anak bangun kesiangan. Biasanya jam tidur anak 8 jam. Jadi, kita harus mengatur jam tidur anak tersebut sesuai dengan waktu bangun yang diinginkan, misalnya kita menginginkan anak untuk bangun sebelum Subuh, kira-kira pukul 4, maka jam tidur yang cocok untuk anak adalah pukul 20.00 WIB. Waktu tersebut fleksibel karena biasanya jam tidur untuk setiap anak relatif tergantung dari kebutuhan anak.

2- Sebelum Tidur, Ingatkan Anak
Mengingatkan anak untuk bangun pagi, mungkin lebih pagi, sebelum shalat Subuh dapat menjadi bagian mengajarkan anak untuk shalat tepat waktu, mengingat Allah, dan juga bagian dari pengenalan Islam kepada anak.

3- Membangunkan Anak
Kadang-kadang ada anak yang easy child, mudah untuk bangun pagi tanpa dibangunkan. Namun, bagi anak yang agak sulit, kita perlu mendatangi kamarnya, membangunkannya dengan lembut, sekaligus mengajaknya untuk shalat tepat waktu. Anak laki-laki ajaklah untuk shalat Subuh berjamaah di masjid.

4- Konsisten / Istiqomah
Untuk membiasakan bangun pagi pada anak-anak harus konsisten alias sering membangunkannya di waktu yang sama hingga anak terbiasa. Konsisten ini, terutama dimulai sejak anak berusia 3—5 tahun. Masa ini menjadi fase yang krusial dalam melatih disiplin anak. Jika anak  malas-malasan untuk bangun, berikan waktu tenggang 5 atau beberapa menit lagi untuk bangun. Jangan sampai lebih dari itu. Jika ini terjadi, secara tidak langsung kita mengajarkan anak untuk menunda-nunda waktu bangun dan akhirnya kebablasan. Masalah waktu sebenarnya fleksibel, tidak perlu kaku dalam menetapkan waktu tidur dan bangun untuk anak, yang terpenting konsisten dan memperhatikan kondisi dan kebutuhan anak.

Judul full kajian: anti virus
Sumber artikel: abiummi.com (anak susah bangun pagi lakukan 4 cara ini)
Barakallahu fiik
Oleh: Ustadz Subhan Bawazier

 

About A Halia

A Halia

Check Also

cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-alodokter

Menangani Kencing Bayi Dalam Hukum Islam

thayyiba.com :: Mengenai kencing bayi laki-laki dan perempuan untuk pensuciannya ternyata dibedakan dalam syari’at Islam. ...