Home / Artikel / Teknologi / Deretan Fitur Google Maps yang Kerap Terlupakan

Deretan Fitur Google Maps yang Kerap Terlupakan


thayyiba.com :: Besarnya pengguna Android di Indonesia membuat aplikasi bawaan, Google Maps, tak lagi terasa asing. Aplikasi navigasi ini digunakan untuk mencari rute tercepat dengan transportasi umum hingga mencari restoran di daerah sekitar.

Google belum lama ini merilis sederet fitur favorit pengguna Maps yang sudah pernah dirilis, namun kerap terlupakan. Apa saja fitur-fitur itu?

1. Buat dan Bagikan Daftar Tempat Favorit

Pengguna biasanya memiliki tempat atau restoran favorit yang ingin disimpan dan dibagikan dengan orang lain. Pengguna bisa menyimpan semua restoran, bar, butik, dan tempat favorit di lokasi yang berbeda, dengan menggunakan fitur “daftar” terbaru.

Pengguna juga bisa membuat daftar “sushi terbaik di kota” atau “restoran paling romantis” dengan teman. Dengan begitu, mereka akan menemukan petunjuk arah ke tempat yang disarankan dengan mudah.

2. Lokasi Penjemputan melalui Aplikasi

Google Maps kini terintegrasi dengan layanan Uber. Pengguna yang memesan tumpangan tak perlu keluar dari Google Maps.

Penawaran estimasi harga hingga membayar perjalanan sudah tersedia di Maps sehingga pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut dari Maps.

3. Informasi Jadwal Transit Bus Secara Real Time

Pengguna TransJakarta bisa jadi sangat terbantu dengan fitur yang satu ini. Pengguna bisa merencanakan perjalanan dengan lebih mudah karena tahu persis kapan bus akan tiba dengan memeriksa rute yang akan ditempuh.

4. Informasi Real Time Tentang Kerumunan di Search & Maps

Setiap orang membenci kemacetan. Ada banyak kesempatan ketika kerumunan orang menyebabkan kemacetan. Google bisa memberikan informasi real-time mengenai tempat-tempat dengan kerumunan besar sehingga pengguna bisa menghindari wilayah itu untuk transportasi yang lebih lancar.

5. Peta Offline

Saat bepergian jauh, tidak ada jaminan sinyal yang didapatkan sebaik di kota-kota besar. Bagi penggemar traveling, Google Maps dapat menyimpan peta yang bisa diakses secara offline. Bahkan lebih baik lagi, pengguna juga bisa mencari berbagai tempat seperti restoran atau tempat nongkrong baru secara offline.

6. Peta dalam ruangan

Dengan lebih dari 60 tempat di Indonesia yang sudah dipetakan, pengguna tidak akan tersesat di dalam gedung. Terlebih bila mereka tidak dapat menemukan direktori di pusat perbelanjaan.

Beberapa pusat perbelanjaan yang sudah diaktifkan dengan peta dalam ruangan termasuk Bandara Udara Internasional Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia, dan Museum Nasional.

7. Daftar Tempat Makan dan Minum yang Dikurasi

Ada kalanya saat merencanakan makan bersama, seseorang tidak yakin ingin menu makanan apa. Google Maps kini mampu menawarkan daftar rekomendasi tempat makan di bawah tab “tempat”.

Pengguna bisa menemukan daftar rekomendasi untuk “makan murah” atau “kafe terbaik” di tabtersebut. Pengguna juga bisa menemukan tempat sehari-hari seperti ATM dan pompa bensin di sekitar mereka hanya dengan sekali tekan. Sayangnya, fitur ini hanya hadir untuk pengguna Android.

8. Info Sehari-hari di Layar Utama

Google Maps di Android dapat memberikan info sehari-hari di layar utama. Pengguna hanya perlu menggeser ke atas dan mereka akan melihat tigatabyang akan membantu menemukan restoran terdekat, lalu lintas, atau jadwal bus berikutnya.

Kendati demikian, fitur khusus ini lagi-lagi hanya bisa dinikmati oleh pemegang ponsel pintar Android.

Sumber: CNN

About A Halia

A Halia

Check Also

pembangkit-listrik-tenaga-nuklir

Kelebihan Dan Kekurangan Tenaga Nuklir

thayyiba.com :: Pada masa sekarang, banyak negara telah menggunakan kuasa nuklear sebagai alternatif lain untuk ...