Home / Keluarga / Kesehatan Ibu dan Anak / Tips Pola Makan Sehat Selama Kehamilan

Tips Pola Makan Sehat Selama Kehamilan

nutrisiibu-hamil

 

thayyiba.com :: Menjaga asupan makan dengan baik di saat hamil dapat membantu anda memiliki kehamilan yang sehat dan tentunya juga bayi yang sehat. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana berhubungan dengan pola makan selama kehamilan.

Jangan lewatkan sarapan pagi
Di pagi hari, konsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan kalori. Ibu hamil juga bisa mencoba untuk sarapan dengan cereal yang diperkaya nutrisi, serta mengandung zat besi atau kalsium. Kombinasikan juga dengan buah-buahan.

Makan makanan yang mengandung serat
Sayuran dan buah yang mengandung serat sangat baik dikonsumsi selama kehamilan. Misalnya saja kacang hijau, bayam, buah pir, pisang dan lain sebagainya. Selain itu, buah dan sayuran akan menambah asupan vitamin selama kehamilan.

Pilih makanan ringan yang sehat
Jika ingin mengkonsumsi snack atau makanan ringan, pilihlah makanan ringan yang rendah lemak atau bebas lemak.

Konsumsi vitamin yang mengandung zat besi dan asam folat
Selain vitamin yang berasal dari makanan, konsumsi juga vitamin untuk ibu hamil. Vitamin kehamilan umumnya mengandung zat besi dan asam folat.

Zat besi menjaga kesehatan darah, sedangkan asam folat akan mencegah cacat lahir. Kandungan lain yang sering terdapat dalam vitamin kehamilan adalah kalsium dan vitamin A

Makan seafood 2-3 kali dalam seminggu
Makanan laut akan memberikan asupan asam lemak omega3 serta DHA selama kehamilan. Hidangan laut yang baik dikonsumsi selama hamil adalah ikan salmon, ikan sarden, dan tuna (hindari tuna putih albacore, karena mengandung merkuri).

Dianjurkan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut kurang lebih 8-12 ons (setara 2-3 porsi) dalam seminggu. Selain itu, hindari makan makan laut yang mengandung merkuri tinggi seperti hiu, swordfish, mackerel, serta ikan-ikan predator dan berukuran besar lainnya.

Hindari makan keju lunak dan daging mentah/kurang matang
Beberapa makanan mengandung bakteri listeria yang tidak baik untuk bayi, misalnya saja keju lunak (Keju lunak seperti brie, camembert, keju dari susu kambing). Hindari juga makan daging mentah (misalnya sushi) atau daging yang kurang matang, karena bisa mengandung parasit yang dapat menyebabkan infeksi pada janin.

Batasi kafein, hindari alkohol
Kurangi konsumsi kafein seperti kopi dan teh. Kafein dapat mengurangi penyerapan zat besi serta bisa menyebabkan bayi kekurangan berat badan. Selain itu, jangan minum alkohol selama kehamilan.

Selain tips-tips di atas, konsultasikan juga perencanaan pola makan selama kehamilan anda dengan dokter anda, untuk memastikan agar anda dapat menjalankan masa kehamilan yang aman dan sehat, baik untuk ibu dan juga bayi anda.

 

Sumber: webkesehatan.com

About A Halia

A Halia

Check Also

cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-alodokter

Menangani Kencing Bayi Dalam Hukum Islam

thayyiba.com :: Mengenai kencing bayi laki-laki dan perempuan untuk pensuciannya ternyata dibedakan dalam syari’at Islam. ...