Home / Keluarga / Kesehatan Ibu dan Anak / Yang Perlu Orang Tua Ketahui saat Ingin Memijat Bayinya

Yang Perlu Orang Tua Ketahui saat Ingin Memijat Bayinya


Baby Massage. (Foto: Thinkstock)

 

thayyiba.com :: Para orang tua yang baru memiliki bayi seringkali memanjakan buah hatinya dengan memberikan pijatan bayi. Dilakukan oleh terapis yang profesional dan berpengalaman, baby massage atau pijatan bayi biasanya dilakukan demi meregangkan otot-otot dan melancarkan sirkulasi darah.

Namun Anda harus berhati-hati, ada beberapa pertimbangan dalam memijat seorang bayi. Karena salah dalam memijat bisa berakibat fatal pada pertumbuhan sang bayi.

Dilansir Boldsky, sebenarnya massage yang dilakukan pada bayi tidaklah begitu penting. Tapi, bagi orang tua yang ingin melakukannya maka diperbolehkan selama orang tua memahami tentang teknik pemijatan pada bayi.


Lantas, apa manfaatnya?

Jika dilihat dari segi kesehatan, belum ada bukti akurat mengenai manfaat kesehatan dari sebuah pijatan. Tapi, pijatan yang dilakukan pada bayi bisa membuat bayi menjadi lebih rileks dan juga mampu membuat bayi tidur lebih tenang.

Sama saja dengan orang dewasa, bayi juga menyukai setiap sentuhan orang tuanya karena dari sentuhan tersebut bisa membuat bayi merasakan kasih sayang yang diberikan langsung oleh orang tuanya.

Orang tua yang ingin memijat bayi juga perlu memperhatikan kebersihan tangan serta minyak yang digunakan. Infeksi yang terjadi pada bayi bisa saja terjadi akibat tangan Anda yang tidak bersih saat memijat.

Bayi juga tidak bisa menerima tekanan yang cukup dalam, karena tulang dan otot-otot bayi belum tersusun dengan sempurna.


Anda juga harus menyesuaikan mood Anda dengan waktu pemijatan karena butuh konsentrasi penuh dalam memijat bayi. Butuh ketenangan untuk meberikan tekanan yang tepat saat memijat agar bayi juga merasakan ketenangan yang sama.

Minyak yang digunakan pun juga tak boleh sembarangan. Anda hanya boleh menggunakanbaby oil biasa, dan oleskan dengan jari jemari Anda secara perlahan.

Jangan lupa untuk mengamati reaksi bayi saat Anda memijatnya. Lanjutkan jika bayi menikmati pijatan Anda, namun hentikan jika bayi mulai rewel karena mungkin saja pijatan Anda terlalu kencang sehingga bayi merasa kesakitan.

Dan satu hal yang orang tua perlu ketahui adalah, jika dilakukan dengan cara yang benar maka pijatan akan membuat ikatan antar orang tua dan anak terjalin dengan baik.

Sumber: kumparan

About A Halia

A Halia

Check Also

cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-alodokter

Menangani Kencing Bayi Dalam Hukum Islam

thayyiba.com :: Mengenai kencing bayi laki-laki dan perempuan untuk pensuciannya ternyata dibedakan dalam syari’at Islam. ...