Home / Artikel / Kesehatan / Fakta Dan Mitos Minum Es Saat Haid

Fakta Dan Mitos Minum Es Saat Haid

esthayyiba.com :: Haid atau yang sering dikenal dengan istilah menstruasi merupakan suatu siklus bulanan yang pasti dialami oleh seorang wanita yang sudah mengalami “masa puber” dan juga belum mengalami menopause. Kira-kira, haid akan terjadi sepanjang hidup seorang wanita, berkisar antara usia remaja hingga usia dewasa akhir atau sekitar 40 – 50 tahunan. Haid sendiri merupakn suatu proses yang menandakan keluarnya sel telur yang tidak dibuahi dan merupakan suatu siklus yang normal terjadi. Biasanya, ketika sedang berada pada masa-masa haid, atau ingin haid sering dikenal dengan nama PMS, yang dapat menyebabkan munculnya gejala-gejala, seperti :
• Rasa sakit dan juga nyeri pada bagian perut, rahim, pinggang dan juga panggul
• Rasa pegal pada bagian punggung
• Tubuh terasa lemas
• Terjadi perubahan mood dan juga emosi yang labil dan berubah – ubah
• Menjadi lebih sensitif
Kesemua hal diatas adalah suatu hal yang normal terjadi ketika seorang wanita sedang menglami masa haid.
Mitos
Pada saat haid, biasanya asupan kebutuhan nutrisi dan juga kondisi tubuh harus benar-benar terjaga agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya infeksi. Karena itu munculah berbagai macam mitos yang mungkin belum teruji kebenarannya mengenai haid. Berikut ini adalah beberapa mitos yang sering muncul berkaitan dengan masa haid :
• Haid atau menstruasi dapat dipengaruhi oleh konsumsi es dan bahaya minuman dingin
• Menstruasi Bisa saja dipengaruhi oleh konsumsi bahaya minuman bersoda
• Mengkonsumsi obat anti nyeri dapat meredakan dan mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi atau haid
• Tidak boleh berolahraga pada saat haid atau menstruasi
• dan masih banyak sekali jenis mitos-mitos yang mendasari dan juga mempengaruhi haid seseorang.
Mitos-mitos seperti itu memang sangat berkembang di masyarakat luas, sehingga seringkali dapat menyebabkan kekhawatiran bagi banyak wanita ketika mengalami haid.

Minum Es saat Haid Apakah Berbahaya ??
Salah satu mitos yang berkembang di dalam masyarakat mengenai haid adalah bahaya minum es saat haid. Es berupa minuman dingin yang segar merupakan salah satu pilihan ketika panas dan saat ingin mendapatkan kesegaran. Namun demikian, ternyata banyak yang mengatakan bahwa minum es saai haid berbahaya dan jmenyebabkan munculnya kanker serviks dan juga munculnya kista.
Jawaban :
Berdasarkan ilmu kedokteran dan juga pengertian dari beberapa dokter, minum es saat haid “SAMA SEKALI TIDAK BERBAHAYA”. Pada dasarnya, es sama seperti minuman pada umumnya, dan tidak akan menyebabkan kemunculan kista dan juga kanker. konsumsi dari es itu sendiri pada saat haid mungkin hanya akan menimbulkan efek samping berupa rasa mual.
Efek Samping
Rasa mual dan juga kembung yang muncul ini merupakan suatu efek samping akibat respon alami tubuh ketika terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman. Tidak hanya es, namun juga ketika mengkonsumsi minuman yang memiliki jumlah terlalu banyak atau berlebihan. Hal ini mungkin saja akan mengganggu pencernaan anda, karena menjadi penyebab perut kembung. Hal ini mungkin juga akan meningkatkan rasa sakit yang anda alami selama masa haid. Namun demikian tentu saja tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena selain merupakan respon tubuh yang normal, es tidak akan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan yang berbahaya bagi tubuh anda, apalagi sampai menyebabkan kista.
Namun hal yang harus anda perhatikan pada saat mengkonsumsi es adalah :
• pastikan es yang anda konsumsi benar-benar bersih dan juga higienis
• jangan mengkonsumsi es langsung setelah mengkonsumsi makanan yang panas
• jangan terlalu banyak mengkonsumsi es, karena dapat menyebabkan kembung

Apabila anda memperhatikan beberapa hal di atas, maka pastilah es tersebut tidak akan membahayakan anda. Jadi, pada intinya adalah anda tidak perlu khawatir dengan es yang dapat membahayakan diri anda ketika anda mengalami haid, karena tidak akan menyebabkan efek kesehatan yang berbahaya ketika anda mengkonsumsi es pada saat haid.
Demikian artikel mengenai bahaya minum es saat haid, semoga dengan adanya artikel ini, wawasan anda menjadi lebih bertambah, dan juga anda akan menjadi lebih bijak lagi dalam menanggapi suatu isu.

 

Sumber: halosehat.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Hukum-mencukur-alis-ilustrasi-pixabaydotcom

HUKUM MENCUKUR ALIS

thayyiba.com :: Dalam beberapa adat pernikahan yang ada di Indonesia, kita mungkin pernah atau bahkan ...