Home / Artikel / Teknologi / China Berhasil Mengirim Kode Antiretas dari Satelit ke Bumi

China Berhasil Mengirim Kode Antiretas dari Satelit ke Bumi

Thayyiba.com:: China meluncurkan satelit kuantum pertama di dunia pada Agustus lalu untuk membangun komunikasi ‘antiretas’ yang disebut Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) sebagai ‘kemajuan luar biasa’.

China sukses mengirimkan kode yang tidak bisa diretas dari satelit ke Bumi, yang menandai bahwa teknologi penyaluran kunci kuantum pertama kali dari luar angkasa ke Bumi telah terwujud.

Mengutip situs Voa, Jumat, 11 Agustus 2017, percobaan terakhir telah dipublikasikan dalam jurnal Nature edisi Kamis yang dinilai para analis sebagai ‘tonggak bersejarah’.

Menurut Kepala Peneliti Akademi Ilmu Pengetahuan China, Pan Jiawei, satelit itu mengirimkan kunci kuantum ke stasiun darat di China antara 645-1.200 kilometer jauhnya pada tingkat transmisi sampai 20 kali lebih efisien ketimbang serat optik.

“Hal tersebut, contohnya, dapat memenuhi permintaan membuat panggilan telepon yang mutlak aman atau bisa mentransmisi sejumlah besar data bank,” ujarnya.

Setiap upaya menyadap saluran kuantum akan membuat sistem mendeteksi gangguan. “Begitu dicegat atau diukur, seketika itu kunci kuantum berubah, dan informasi yang dicegat akan hancur dengan sendirinya,” kata Pan.

China masih tertinggal dari AS dan Rusia dalam teknologi luar angkasa. Meskipun Presiden Xi Jinping telah memprioritaskan untuk memajukan program antariksa, dengan alasan keamanan dan pertahanan nasional.

Xi menegaskan bahwa program antariksa digunakan untuk tujuan damai, namun Pentagon menyoroti peningkatan kapabilitas luar angkasa China.

About Abu Fira Smart

Abu Fira Smart

Check Also

working

5 Langkah Memulai Bisnis Online Yang Harus Kamu Tahu

thayyiba.com :: Saat hendak memulai sebuah bisnis online, tidak jarang Anda akan dihadapkan pada pertanyaan seputar ...