Home / Artikel / Kesehatan / Berbagai Manfaat Selai Kacang untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Selai Kacang untuk Kesehatan

Selai-Kacang-Bisa-Menjadi-Kunci-untuk-Kulit-Cantik-dan-Sehat-Lho

thayyiba.com :: Selai bagi kebanyakan orang memang menjadi topping makanan favorit tersendiri. Tidak terkecuali selai kacang. Apakah Anda mengetahui manfaat selai kacang yang kaya akan kebaikan tubuh? Ya, Kacang-kacangan adalah bahan alami untuk menunjukkan kepada kita bahwa hal-hal baik datang dalam paket kecil. Dengan ukurannya kecil, kacang-kacangan mengandung lemak yang sehat bagi kesehatan jantung serta mengandung protein, vitamin, dan mineral. Di Indonesia terdapat dua jenis selai kacang yang biasa dikonsumsi, selai kacang dalam kaleng dan selai (bumbu) kacang yang menjadi saus tersendiri bagi makanan seperti sate dan salad.

Beberapa manfaat selai kacang yang bisa Anda dapatkan

1. Menurunkan risiko kematian

Menurut sebuah studi  tahun 2015  dari Universitas Vanderbilt, mengonsumsi selai kacang setiap hari dapat menurunkan risiko kematian yang lebih rendah. Kepadatan nutrisi  dari kacang-kacangan juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang sehat bagi tubuh, tinggi antioksidan, mengandung zat kalium dan pitosterol yang membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat. Kandungan pada  selai kacang juga didapuk menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Membantu Anda lebih kenyang

Selai kacang dengan gizi lemak tak jenuh serta protein yang  dipenuhi nutrisi membuat kenyang lambung Anda. Sarapan dengan menu roti dan selai kacang akan membuat Anda lebih kenyang dan menunda rasa lapar yang berlebihan. Takaran selai kacang yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari adalah dua sendok makan tiap pagi.

3. Dapat menurunkan berat badan Anda

Ketika Anda sedang diet, penelitian telah menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat membantu dengan penurunan berat badan. Mengapa? Begini penjelasannya. Kacang tanah mengandung protein lebih dari kacang lainnya serta kacang-kacangan kaya akan lemak sehat yang berserat tinggi. Protein di dalamnya dapat mencegah asupan kalori berlebihan dari asupan diet yang biasa Anda makan.

“Kebanyakan orang diet dan memakan selai kacang yang  mengandung 200 kalori, telah terbukti lebih mengenyangkan,” ucap McDaniel  yang meneliti pada International Journal of Obesity .Kandungan dalam selai kacang juga dapat meningkatkan sistem metabolisme Anda.

4. Dapat mencegah alergi kacang-kacangan sedari dini

Mengonsumsi selai kacang-kacangan selama hamil  dapat membantu menurunkan risiko anak Anda memiliki alergi kacang. Sebuah penelitian baru di Universiats Wisconsin menemukan bahwa, ibu hamil yang jarang makan kacang-kacangan kurang dari seminggu sekali berisiko memiliki bayi yang akan alergi terhadap kacang-kacangan.

5. Mengurangi stress

Tahukah Anda kalau selai kacang dapat membantu Anda melawan efek stres? Ya, dalam suatu penelitian yang menguji ketahan atlet, kandungan beta sitosterol dalam kacang berfungsi untuk menormalkan kadar kortisol yang tinggi dan membawa zat tersebut seimbang dengan hormon lainnya selama stres terjadi pada tubuh. Kandungan beta sitosterol juga dapat membantu meningkatkan kekebalan imun tubuh.

6. Mencegah batu empedu dalam tubuh

Batu empedu merupakan gangguan kesehatan yang kebanyakan disebabkan oleh berat badan berlebihan, diet ketat serta obat-obatan jenis tertentu. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi selai kacang secara teratur mampu mencegah serta mengurangi resiko terserang batu empedu. Kebanyakan batu empedu disebabkan karena terlalu tingginya kadar kolesterol dalam cairan empedu yang akhirnya menjadi batu dalam empedu.

Tips memilih selai kacang yang baik

Sesuatu yang baik, baiknya juga tidak dikonsumsi secara berlebihan juga. Lemak dan kalori tuduhan sebagian besar merek selai kacang serupa, tetapi ada kandungan lain yang harus anda cermati alam mengonsumi selai kacang. Berikut yang harus diperhatikan:

1. Pilih yang terbuat dari bahan organik

Semua selai kacang yang mengandung bahan alami pastinya baik jika dikonsumsi. Usahakan pilih selai kacang yang terbuat dari tanaman kacang organik, sehingga meminimalisir zat pestisida.  Terkadang juga mengandung bahan kimawi lainnya untuk menambah serta meningkatkan rasa selai kacang.

2. Pilih kandungan gula yang sedikit

Kandungan gula pada selai kacang baiknya Anda perhatikan. Merek selai kacang yang terkenal, kadang-kadang memiliki kandungan gula hingga 250 mg setiap sendok makan. Akan lebih baik jika Anda membuat selai kacang sendiri dengan kandungan gula yang lebih sedikit.

3. Hindari kandungan natrium dan sodium yang tinggi

Carilah kandungan natrium pada label komposisi bahan di bagian belakang selai kacang Anda. Sekali lagi, merek alami biasanya memiliki lebih sedikit natrium. Kandungan sodium yang berlebihan berbahaya bagi saraf tubuh.

 

Sumber: hellosehat.com

About A Halia

A Halia

Check Also

w644 (46)

Fast Food Bisa Bikin IQ Anak Rendah? Ini Penjelasannya

thayyiba.com :: Bagi kebanyakan orang, makanan cepat saji (fast food), sudah menjadi gaya hidup yang tak ...