Home / Keluarga / Konsultasi Keluarga / Ini Alasan Kenapa Orangtua Wajib Dampingi Anak

Ini Alasan Kenapa Orangtua Wajib Dampingi Anak

Ilustrasi anak sekolah (Shutterstock)
Ilustrasi anak sekolah (Shutterstock)

thayyiba.com :: Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi, menyatakan orang tua harus mendampingi perkembangan anak dari awal masa kehidupan serta melakukan berbagai aktivitas dan menerapkan pola asuh yang tepat.

“Orang tua harus ingat bahwa untuk menjadikan anak generasi maju, maka ada tiga kondisi yang harus dipenuhi yaitu, si kecil harus sehat dan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik, agar tumbuh kembangnya bisa berjalan lebih optimal,” katanya di sela kegiatan parenting seminar SGM Eksplor untuk tumbuh kembang anak di Surabaya, Sabtu.

Ia mengemukakan, kondisi yang kedua yaitu perlu mengembangkan keterampilan berpikir dan kreativitasnya.

“Kemudian yang ketiga yaitu perkembangan emosinya pun diharapkan baik, ia jadi percaya diri dan mandiri,” ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, orang tua memegang peranan vital dalam mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini melalui keterampilan pola asuh yang tepat agar si kecil dapat tumbuh menjadi orang yang memiliki rasa percaya diri, kreatif dan mandiri.

“Serta nantinya diharapkan juga dapat memberdayakan orang di sekitarnya untuk bisa maju bersama dan menjadi generasi maju,” ujarnya.

Ia mengatakan, penting bagi orang tua untuk terus menambah pengetahuan terkait dengan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi si kecil, agar memahami bagaimana cara mendidik si kecil menjadi anak generasi maju yang supel, kreatif dan mandiri.

“Hal ini perlu untuk diperhatikan karena setiap orang tua harus membangun dan mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini,” ujarnya.

Sementara itu, Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, pihaknya memahami perjuangan para orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik demi masa depan si kecil.

“Bentuk komitmen dan dukungan kami berikan kepada orang tua Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terbaik dan berkualitas serta edukasi yang dapat mendampingi orang tua dalam memastikan pemenuhan nutrisi dan pola asuh yang tepat bagi tumbuh kembang si kecil,” katanya.

Lebih lanjut Astrid mengatakan, dukungan SGM Eksplor bagi orang tua Indonesia dilakukan melalui berbagai jenis kegiatan, salah satunya melalui acara parenting seminar bertajuk “Peran Orang tua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju” yang dilakukan di sejumlah kota besar di Indonesia seperti Padang, Bandung, Jakarta dan Surabaya.

“Dalam kegiatan parenting seminar ini, orang tua bisa mendapatkan informasi terkait pola asuh yang sesuai dengan tahapan usia anak sehingga si kecil tumbuh menjadi anak generasi maju, yang supel (mampu bersosialisasi dengan baik), kreatif dan mandiri,” katanya.

[Antara]

About A Halia

A Halia

Check Also

1

RUKUN NIKAH ITU CUMA ADA 5, Jangan Dipersulit dan Ditambahi

thayyiba.com :: Menikah adalah salah satu hal yang sangat sakral dan pastinya sangat diinginkan oleh banyak ...