Breaking News
Home / Artikel / Artikel Lepas / Ciri Orang yang Masuk Neraka

Ciri Orang yang Masuk Neraka

neraka

thayyiba.com :: 1. Orang fasik
Dalam agama Islam, pengertian dari fasik adalah orang yang keluar dari ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya.
Fasiq dapat dibedakan menjadi 2 jenis :

Fasiq kecil yakni, seseorang yang masih berbuat maksiat atau dosa namun masih memiliki iman dalam hatinya.

Fasiq besar yakni, seseoang yang telah menyekutukan tuhannya karena perbuatan atau perkataan. “Apakah orang-orang beriman itu sama dengan orang-orang yang fasik? Mereka tidak sama. Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan. Dan adapun orang-orang yang fasik (kafir) maka tempat mereka adalah jahannam. Setiap kali mereka hendak keluar daripadanya, mereka dikembalikan ke dalamnya dan dikatakan kepada mereka: “Rasakanlah siksa neraka yang dahulu kamu mendustakannya.”(QS. As-Sajdah: 18 – 20)

2. Orang munafik
Orang munafik ini adalah orang-orang yang berpura-pura menunjukkan perilaku keislaman, namun hatinya tidak ada sama sekali rasa iman. Diantara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan hari kemudian, padahal mereka itu Sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. (Al-Baqarah ayat 8).

3. Orang Musyrik
Musyrik (Arab: المشرك ) menurut syariat Islam adalah perbuatan menyekutukan Allah dengan apa pun, merupakan kebalikan dari ajaran ketauhidan, yang memiliki arti Mengesakan Allah. Kata syirik sendiri berasal dari kata syarikah atau persekutuan, yaitu mempersekutukan atau membuat tandingan hukum atau ajaran lain selain dari ajaran/hukum Allah. Syirik adalah akhlak yang melampaui batas aturan dan bertentangan dengan prinsip tauhid yaitu dengan mengabdi, tunduk , taat secara sadar dan sukarela pada sesuatu ajaran / perintah selain dari ajaran Allah.

4. Orang Kafir
Selain Islam itu kafir. Ini prinsip akidah yang mesti dipahami oleh setiap muslim.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk”(QS. Al Bayyinah: 6)
📃 Rumaysho.com, Konsultasi Syariah

About A Halia

A Halia

Check Also

(foto : sang pelajar)

Apa Kabar..?

Oleh Inayatullah A. Hasyim Ketika kita ditanya, “Apa Kabar?” Jawaban kita biasanya, “Baik.” Tapi, tahukah ...