Home / Fashion / Health & Fitness / Ini 12 Alasan Kenapa Berat Badan Anda Tak Juga Turun

Ini 12 Alasan Kenapa Berat Badan Anda Tak Juga Turun

Beberapa alasan ini dapat membantu Anda mengetahui mengapa berat badan Anda tidak kunjung turun.

thayyiba.com :: Anda merasa telah berusaha keras untuk menurunkan berat badan. Berbagai usaha telah Anda lakukan, mulai dari olahraga setiap hari hingga melakukan program diet. Bahkan tak jarang ada yang menggunakan obat-obatan tertentu demi mendapatkan berat badan yang ideal, terlebih bagi Anda yang perempuan. Namun berbagai usaha tersebut tak jua membuahkan hasil yang maksimal.

Seperti dilansir dari marieclaire, Minggu (10/1/2016), berikut beberapa alasan yang dapat membantu Anda mendapatkan jawaban mengapa berat badan Anda tak kunjung turun meski telah melakukan berbagai usaha.

1. Anda tidak konsisten
Jika Anda hanya melakukan olahraga semau Anda sendiri dan makan makanan sehat hanya sesekali, jangan harap hal tersebut bisa menurunkan berat badan Anda, kecuali jika Anda memang terlahir kurus. Anda perlu melakukan usaha dengan konsisten untuk mencapai tujuan Anda. Walaupun itu mengharuskan Anda melakukan olahraga yang lebih sering.

2. Anda sedang membangun otot
Ingatlah bahwa berat badan dan lemak adalah 2 hal yang berbeda. Ketika Anda berolahraga lebih sering itu berarti Anda sedang meningkatkan masa otot, sekaligus meningkatkan berat badan Anda secara keseluruhan. Otot lebih berat daripada lemak, namun otot hanya mengambil 1/4 ruang dalam tubuh Anda.

Maka dari itu, ketika Anda menimbang diri Anda akan muncul angka yang sama, walaupun badan Anda terlihat lebih kecil. Anda juga harus ingat bahwa semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin potensial kemampuan Anda untuk membakar lemak di tubuh Anda, bergantung dari hasil yang ingin dicapai.

3. Anda tidak seketat yang Anda pikirkan
Terkadang tubuh Anda akan menipu Anda dengan membuat Anda berpikir bahwa Anda bertambah gemuk atau bertambah kurus. Ini akan membuat Anda merasa boleh melakukan sesuatu yang sudah lama tidak Anda lakukan, seperti makan makanan manis terlalu berlebihan.

Memanjakan diri dengan melakukan hal-hal yang Anda inginkan tentu saja boleh dilakukan sesekali. Namun jika Anda terlalu sering absen untuk berolahraga dan melakukan kecurangan pada makanan Anda, Anda tidak akan pernah melihat hasil yang Anda inginkan. Tubuh Anda akan mengingat apa yang Anda lakukan, walaupun Anda tidak.

4. Anda tidak memiliki variasi dalam olahraga rutin Anda
Tubuh Anda adalah sebuah mesin dan ia cerdas. Jika Anda terus menerus melakukan hal yang sama berulang kali, tubuh Anda akan mempelajari dan mengingatnya. Lalu, tubuh Anda akan beradaptasi dan tidak lagi merasa tertantang. Penting untuk merubah beberapa hal dengan hal yang baru secara teratur, untuk membingungkan tubuh Anda dan membuatnya terus menebak-nebak. Ini bisa dilakukan dengan pemanasan, treadmill, atau cardio. Bukan salah satunya atau semuanya.

5. Membersihkan isi perut
Penelitian menunjukkan bahwa membersihkan isi perut Anda bukanlah jawaban untuk menurunkan berat badan Anda. Walaupun awalnya Anda akan melihat bahwa tubuh Anda mengecil, namun ini juga mengakibatkan tubuh Anda kehilangan cairan dan karbohidrat, yang nantinya akan kembali lagi. Ini sekaligus membuat tubuh Anda kaget. Sebaiknya Anda menghindari melakukan hal ini dan bertahan dengan metode olahraga dan makan teratur.

6. Tidak sarapan
Tidak sarapan hanya akan membuat Anda mengganti kalori Anda yang hilang di kemudian hari. Tidak mengkonsumsi kalori pada pagi hari berarti Anda tidak memiliki kekuatan untuk melewati hari panjang dan melelahkan Anda dengan efisien. Ini juga akan berakibat pada metabolisme Anda, yang akan melambat dan berpotensial menambah berat badan Anda. Jika Anda melewatkan sarapan Anda, usahakan untuk membuat tubuh Anda menerima protein yang cukup, seperti telur, alpukat atau roti. Atau bisa juga protein yang terkandung di dalam minuman.

7. Anda hanya fokus pada cardio
Dengan hanya menggunakan cardio dalam olahraga Anda, Anda tidak membuat tubuh Anda sukses. Anda memerlukan otot yang kuat untuk membantu membakar lemak Anda setiap hari. Anda dapat mulai dengan menggabungkan beberapa latihan beban utnuk mendapatkan tubuh yang kencang dan ramping.

8. Anda tidak makan protein
Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan berprotein sebelum Anda mulai berolahraga dapat meningkatkan performa Anda dan membakar lebih banyak kalori selama olahraga Anda berlangsung, bahkan sepanjang hari Anda. Anda bisa mulai dari sekarang!

9. Anda selalu berolahraga sendirian
Orang-orang yang tergabung dalam kelompok gym terbukti lebih sukses menurunkan berat badan mereka. Mengapa? Karena mereka tidak hanya bertanggung jawab terhadap diri mereka sendiri, tapi juga orang lain. Ini juga jauh lebih menyenangkan. Ajaklah beberapa orang untuk menemani Anda ke gym atau hanya sekedar melakukan joging bersama.

10. Anda terlalu pusing dengan angka
Pahamilah bahwa berat badan hanyalah sebuah angka. Semakin Anda fokus pada angka yang ingin Anda capai, semakin jauh Anda dari tujuan Anda. Gunakan manajemen rasa stres Anda untuk menurunkan berat badan.

11. Anda masih meminum soda diet
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang meninum soda diet hanya menambah jumlah kalori dalam tubuh mereka dalam bentuk gula yang ada dalam minuman tersebut. Banyak ahli kimia menemukan bahwa minuman diet dapat membuat Anda kembung dan menambah berat badan Anda. Sebaiknya mulai sekarang, Anda menghindari minuman ini dan menggantinya dengan minuman segar yang dapat Anda buat sendiri dirumah, seperti jus buah.

12. Anda menghilangkan karbohidrat dalam diet Anda
Ini hanya akan menyebabkan kenaikan lemak Anda dari waktu ke waktu, sekaligus Anda akan kehilangan energi dalam tubuh Anda. Tubuh Anda membutuhkan karbohidrat untuk dibakar sepanjang hari. Anda dapat menggunakan roti gandum atau beras merah.

Sumber: liputan6

 

About A Halia

A Halia

Check Also

w644 (15)

Susu Kental Manis Tidak Cocok Dikonsumsi oleh Anak, Ini Sebabnya

Susu kental manis(KarpenkovDenis)   thayyiba.com :: Susu mengandung manfaat yang berguna untuk tubuh. Kalsiumnya baik untuk ...