Home / Artikel / Artikel Lepas / Hukum Senam Yoga dalam Islam

Hukum Senam Yoga dalam Islam

Mengapa-Islam-Melarang-Yoga-Ini-Penjelasan-Dr-Zair-Naik

thayyiba.com :: Yoga berasal dari agama paganisme, hindu dan budha. Dan di sana ada dua unsur mendasar dalam yoga

1] Gerakan dan olah badan
2] Olah jiwa, konsentrasi, dengan mengkondisikan bayangan tertentu dalam pikiran.

Untuk memaksimalkan unsur kedua ini, yoga kebanyakan dilakukan di waktu matahari terbit atau matahari terbenam, di tempat terbuka yang bisa melihat langsung matahari. Karena itu, motivasi terbesar yoga biasanya bukan kesegaran badan, tatapi lebih pada ketenangan batin. Sehingga erat kaitannya dengan aqidah.

Dengan pertimbangan di atas, dalam Fatwa Islam dinyatakan bahwa yoga hukumnya terlarang,

Kesimpulannya, tidak boleh bagi seorang muslim melakukan senam yoga sama sekali. Baik karena latar belakang aqidah, atau sebatas ikut-ikutan, atau untuk mendapatkan manfaat berupa ketenangan yang sifatnya dugaan.

Selanjutnya fatwa islam menyebutkan beberapa pertimbangan sisi aqidah

1] Yoga bersinggungan dengan aqidah tauhid, ada upaya mendekatkan diri kepada selain Allah, atau minimal membangun keyakinan menyimpang tentang hubungan tuhan dengan makhluk, yaitu keyakinan manunggal

2] Ritual ini dilakukan dengan mengikuti aktivitas matahari. Yang ini sama persis seperti ibadahnya orang kafir, seperti agama shinto.

Karena alasan ini, Nabi melarang kita shalat di waktu matahari terbit dan hendak terbenam. Karena setan berada di tempat matahari terbit dan terbenam, agar disembah manusia. Nabi bersabda, Janganlah kalian secara sengaja memilih waktu shalat ketika matahari terbit atau terbenam, karena dia terbit diantara dua tanduk setan. (HR. Bukhari 3099

3] Kegiatan ini meniru ritual orang pagan, penyembah berhala. Sementara Nabi telah mengingatkan, Siapa yang meniru satu kaum maka dia bagian dari kaum itu… (HR. Abu Daud 4033). (Fatwa Islam, no. 101591)

Sumber artikel: konsultasisyariah.com (hukum senam yoga)

 

About A Halia

A Halia

Check Also

images

Musibah Datang Karena Maksiat dan Dosa

thayyiba.com :: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, ...