Home / Artikel / Artikel Lepas / Mengapa Harus Ucapkan Basmalah Sebelum Berbuat ?

Mengapa Harus Ucapkan Basmalah Sebelum Berbuat ?

Thayyiba.com :: “Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang”

Waktu kita kecil dulu, kita seringkali diajari oleh orang tua maupun guru di sekolah untuk selalu membaca bismillah sebelum memulai suatu pekerjaan. Entah itu pekerjaan yang paling kecil sekalipun sampai dengan pekerjaan yang besar, kita diajarkan untuk memulainya dengan kalimat basmalah: bismillahirrahmanirrahim.
Tapi sangat disayangkan, banyak dari kita sekarang yang melupakan hal tersebut, menganggap hal itu tidak berguna dan tidak penting. Padahal kata bismillahirrahmanirrahim memiliki makna yang sangat besar.

bismillahirrahmanirrahim merupakan ayat pertama disurah perta dalam Al- Qur’an. Diawali dengan kata Bi : dengan, kata dengan disinidijelaskan di salah satu tafsir yakni memohon pertolonganPertolongan siapa? Tentu saja pertolongan Allah SWT. Karena tiada kekuatan maupun daya melainkan berasal dari Allah SWT. Kita bangun, tidur, makan, berpikir itu atas kehendak dari Allah. Jika Allah tidak mengizinkan kita bangun, kita tidak akan bangun ; Jika Allah tak izinkan kita bekerja maka kita dapat bekerja.

Lalu bagaimana cara kita memohon pertolongan Allah?

Bismillah : dengan menyebut nama Allahbermakna kita memohon pertolongan Allah dengan cara menyebut nama Allah.

Arrahman dan Arrahim dalam tafsir Fizilalil Qur’an,Allah SWT mengenalkan sifat-sifatnya. Karena hanya Allah satu-satunya Dzat yang memiliki sifat tersebut. Lalu apa makna Arrahman dan Arrahim  dalam ayat ini?

Arrahman : Maha Pengasih bermakna Allah SWTmemberikan pemberian yang ada kebaikan di dalamnya berupa rahmat.

Arrahim : Maha Penyayang bermakna Allah yang memberikan rahmat yang ada kebaikan didalamnya tetapi hanya khusus untuk orang beriman saja.

Berdasarkan pengertian penggalan-penggalan ayat ini dapat disimpulkan bahwaBismillahirrahmanirrahim berarti  “Kita memohon pertolongan Allah dengan cara menyebut nama-Nya yang memberikan rahmat yang terdapat kebaikan didalamya dan khusus diberikan kepada orang-orang yang beriman.”

Maka dari itu yang membaca basmallah hanyalah orang-orang yang beriman saja. Maka dari itu, kita memulai setiap perbuatan kita dengan membaca basmallah, dengan membaca basmallah di awal perbuatan kita maka senantiasa kita selalu menyertakan Allah, memohon pertolongan-Nya, dan mengharapkan ridho dari-Nya. Sehingga apa yang kita kerjakan dirberkahi oleh Allah SWT. Dan janganlah kita membaca basmallah saat akan melakukan perbuatan jahat. Karena Allah memberikan rahmat yang ada kebaikan didalamnya bukan kejahatan.

KISAH ISLAMI (KEUTAMAAN BISMILLAH )

Ada seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik dan tidak mau mengerjakan kewajiban agama dan tidak mau berbuat kebaikan. Perempuan itu sentiasa membaca Bismillah setiap kali ingin berkata dan setiap kali dia ingin memulai sesuatu sentiasa didahului dengan Bismillah. Suaminya tidak suka dengan sikap isterinya dan sentiasa meledek isterinya. Suaminya berkata sambil mengejek, “Asyik Bismillah, Bismillah. Sebentar-bentar Bismillah.”

Isterinya tidak berkata apa-apa sebaliknya dia berdoa kepada Allah S.W.T. supaya memberikan hidayah kepada suaminya. Suatu hari suaminya berkata : “Suatu hari nanti akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu.” Untuk membuat sesuatu yang mengejutkan isterinya, dia memberikan uang yang banyak kepada isterinya dengan berkata, “Simpan uang ini.” Isterinya mengambil uang itu dan menyimpan di tempat yang aman, sementara itu suaminya telah melihat tempat penyimpanan uang yang dipakai oleh isterinya. Kemudian dengan senyap-senyap suaminya itu mengambil duit tersebut dan meletakkan tas uang tadi ke dalam lubang di belakang rumahnya.

Setelah beberapa hari kemudian suaminya itu memanggil isterinya dan berkata, “Berikan padaku uang yang aku berikan kepadamu waktu itu untuk disimpan.” Kemudian isterinya pergi ke tempat dia menyimpan uang itu dan diikuti oleh suaminya dengan berhati-hati dia menghampiri tempat dia menyimpan uang itu dia membuka dengan membaca, “Bismillahirrahmanirrahiim.” Ketika itu Allah S.W.T. menghantar malaikat Jibril A.S. untuk mengembalikan tas uang dan menyerahkan uang di dalamnya itu kepada suaminya kembali.

Alangkah terkejutnya suaminya, dia merasa bersalah dan mengaku segala perbuatannya kepada isterinya, ketika itu juga dia bertaubat dan mulai mengerjakan perintah Allah, dan dia juga membaca Bismillah apabila dia ingin memulakan sesuatu kerja.

Dari kisah itu dapat diambil hikmah, bahwa dengan membaca basmallah di setiap kegiatan kita maka Allah akan menghindarinya dari perbuata-perbuatan jahat.

Mulai dari sekarang marilah memngucapkanbismillahirrahmanirrahim setiap kita ingin melakukan sesuatu. 

 

Sumber : hanifahaisyah.blogspot

About A Halia

A Halia

Check Also

Bukti Loyalitas Abu Bakar Pada Peristiwa Isra Mi’raj

thayyiba.com :: Waktu yang pasti mengenai, ‘kapan tepatnya Isra Mi’raj berlangsung’ hingga saat ini memang masih ...