Home / Berita Foto / 10 Masjid Terindah di Dunia, Berada di Iran hingga Spanyol

10 Masjid Terindah di Dunia, Berada di Iran hingga Spanyol

Masjid Agung Sheikh Zayed. UAE. (Foto: Flickr / Christian H.)

 

thayyiba.com :: Keberadaan masjid tak jarang kerap mencuri perhatian. Tak sedikit dari bangunan paling penting bagi umat Islam itu yang memiliki sejarah panjang dan cerita unik di dalamnya.

Selain memiliki cerita unik, tak sedikit pula masjid yang memiliki arsitektur unik dan mengagumkan di dunia. Dilansir The Culture Trip, berikut 10 masjid terindah di dunia:

1. Masjid Sheikh Lotfollah, Iran

Di Iran terdapat sebuah masjid yang dibangun antara tahun 1602 hingga 1619, pada masa pemerintahan Shah Abbas I. Sebuah mahakarya arsitektur yang berada di Kota Isfahan, Iran itu diberi nama Masjid Sheikh Lotfollah.

Masjid dengan bentuk persegi panjang ini ternyata didedikasikan Shah Abbas I untuk sang mertua, yaitu Sheikh Lotfollah yang merupakan seorang ilmuwan dan guru agama terkemuka. Masjid ini memiliki keunikan yang terletak pada kubahnya yang berwarna krem. Namun, warna itu ‘tidak berlaku’ sepanjang hari, karena warna kubah bisa berganti menjadi merah muda, tergantung cahaya matahari yang menyinari kubah.

2. Masjid Aqsunqur, Mesir

Masjid Aqsunqur atau yang biasa dikenal Masjid Biru, atau Masjid Ibrahim Agha ini terletak di Kairo, Mesir. Dibangun pada 1347 silam, masjid ini memiliki gaya seni Empayar Uthmaniyyah. Pada bagian dalam masjid terdapat makam sang pendiri, yaitu Shams El-Din Aqsunqur serta putra-putranya.

3. Masjid Al Haram, Arab Saudi

Masjid Al Haram atau yang biasa disebut Masjidil Haram terletak pusat kota Mekkah. Masjid yang paling penting bagi umat Islam ini dibangun mengelilingi ka’bah, yang sekaligus menjadi arah kiblat bagi warga Muslim ketika sholat.

Masjid terbesar di dunia ini juga sekaligus dianggap yang paling suci dan paling banyak dikunjungi baik untuk umrah, haji, sholat, dan sebagainnya. Dengan luas mencapai 400.800 meter persegi, Masjidil Haram bahkan mampu menampung hingga 4 juta orang.

*4. Masjid Al Aqsa, Yerusalem *

Selain Masjid Al Haram, ada pula Masjid Al Aqsa yang menjadi bangunan suci bagi umat Islam. Masjid yang masuk ke dalam UNESCO ini dibangun pertama kali pada masa Umar bin Khaththab.

Namun sayangnya, Masjid Al Aqsa sempat beberapa kali mengalami kehancuran karena gempa bumi. Tetapi masjid ini kembali dibangun dan hingga kini masih berdiri kokoh. Masjid dengan kubah abu-abu itu mampu menampung hingga 5 ribu jemaah di atas lahan seluas 35 ribu meter persegi.

5. Masjid Hasan II, Maroko

Kemudian ada Masjid Hasan II yang menjadi masjid terbesar di Maroko. Masjid yang kabarnya terbesar ketiga di dunia ini sudah ada sejak 1993 silam.

Masjid yang dibangun oleh arsitek Prancis, Michel Pinseau itu berada menjorok ke Samudra Atlantik dan memiliki menara pencakar langit setinggi 210 meter. Dari puncak menara akan terlihat sinar laser yang menuju ke arah kiblat.

Selain itu, masjid yang mampu menampung sekitar 25 ribu jamaah ini sebagian lantainya terbuat dari kaca transparan yang tebal. Bagi umat Islam yang sedang beribadah pada saat sujud akan disuguhkan pemandangan dalam laut Samudra Atlantik.

6. Blue Mosque, Turki

Blue Mosque atau Masjid Sultan Ahmed merupakan sebuah masjid yang berada di Istanbul, Turki. Masjid indah dengan enam menara yang sangat cantik itu menjadi salah satu tujuan wajib bagi siapapun yang mengunjungi Istanbul, Turki.

Masjid yang dibangun sejak 1609 hingga 1616 atas perintah Sultan Ahmed I ini kerap disapa Blue Mosque. Sebab dahulu catnya didominasi warna biru, namun kini warna itu sudah dihilangkan. Masjid yang mampu menampung hingga 10 ribu jemaah ini memiliki interior yang dihiasi 20 ribu keramik dari Iznik dengan warna biru, hijau, ungu dan putih.

7. Masjid Ubudiah, Malaysia

Masjid Ubudiah terletak di Bukit Chandan, Kuala Kangsar, Perak. Masjid ini dianggap menjadi tempat ibadah paling indah di Malaysia.

Terdiri dari empat menara dan kubah emas, Masjid Ubudiah dirancang oleh arsitek asal Inggris, yaitu Arthur Benison Huback atas perintah dari Sultan Idris Mushidul Azam Shah. Sang sultan memerintahkan hal ini, karena dirinya bersumpah akan membangun masjid sebagai ucapan syukur sembuh dari penyakit.

8. Masjid Wazir Khan, Pakistan

Selanjutnya ada Masjid Wazir Khan yang berada di bagian utara kota Lahore, Pakistan. Masjid yang sudah ada sejak abad ke-17 itu juga menjadi landmark kota Lahore.

Dengan dominasi warna biru muda, hijau, kuning, dan ungu pada permukaan interiornya, hampir seluruhnya dihiasi dengan lukisan dinding zaman Mughal yang terkenal karena kerumitannya.

9. Masjid Cordoba, Spanyol

Berada di bagian selatan Spanyol, masjid indah ini awalnya adalah sebuah gereja Katholik pada abad ke-6. Namun, pada abad ke-8 ketika Islam menyebar ke Spanyol, akhirnya gereja itu berubah menjadi sebuah masjid.

Pada 15 Desember 1994, Masjid Cordoba ditetapkan UNESCO sebagai salah satu tempat peninggalan yang sangat bersejarah dan penting.

10. Masjid Agung Sheikh Zayed, UAE

Masjid mempesona selanjutnya berada di Abu Dhabi dengan total 82 kubah bergaya Maroko yang semuanya dihiasi batu pualam putih. Masjid yang dapat menampung sekitar 40 ribu jemaah ini berada dilahan seluas 22.412 meter persegi.travel

Masjid Agung Sheikh Zayed memiliki lebih dari seribu pilar di area luar, yang dilapisi lebih dari 20 ribu lembaran pualam dan batu alam polesan. Di sekeliling masjid juga dilengkapi dengan kolam seluas 7.874 meter persegi yang dibangun dengan keramik lantai warna gelap.

Sumber: kumparan

About A Halia

A Halia

Check Also

10 Desain Mushola Mungil untuk Rumah Pasangan Muda

rumahminimalisdesign.com   thayyiba.com :: Pasangan yang baru saja menikah umumnya lebih memilih rumah bertipe minimalis. Hal ...