Home / Keluarga / Kesehatan Ibu dan Anak / Mana yang Benar: Bayi Merangkak atau Duduk Dulu?

Mana yang Benar: Bayi Merangkak atau Duduk Dulu?

Bayi Merangkak atau Duduk Dulu? (Foto: Shutterstock)

 

thayyiba.com :: Saat memperhatikan tumbuh kembang si kecil, Anda mungkin bertanya-tanya tentang kapan bayi merangkak atau duduk. Mana ya, yang akan bisa dilakukannya duluan? Maklum, orang tua seringkali tidak sabar menanti-nanti kemampuan baru bayi setiap hari.

Agar tidak bingung, Anda perlu mengetahui tahapan tumbuh kembang bayi, Moms. Mengetahui hal ini juga dapat membuat Anda lebih waspada mengamati apabila ada keterlambatan tumbuh kembang pada bayi. Meski begitu, ingatlah bahwa setiap anak unik dan memiliki waktu sendiri untuk mencapai tonggak-tonggak tumbuh kembangnya.

Dikutip dari laman Baby Center, pada umur empat bulan, leher dan otot-otot leher bayi Anda menguat dengan cepat, dan ia akan belajar mengangkat dan mengangkat kepalanya sementara dia berbaring tengkurap. Pada tahap inilah biasanya, bayi mulai belajar untuk duduk.

Apakah mungkin ada bayi yang pada umur 4 bulan belum bisa duduk? Bisa saja. Ada bayi yang lebih cepat, dan ada yang lebih lambat melakukannya.

Namun memasuki usia lima bulan, seharusnya bayi sudah bisa duduk sebentar. Saat memasuki usia delapan bulan, biasanya bayi sudah mulai bisa duduk dengan mandiri lebih lama, tanpa bantuan orang tua.

Artinya, kemampuan duduk bayi pun bertahap dan berkembang selama beberapa bulan. Bersabarlah dan jangan berharap bayi dapat langsung duduk dengan mantap. Tetapi bila bayi Anda belum bisa duduk mandiri tanda bersandar atau berpegangan pada usia 9 bulan, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Lalu, kapan bayi merangkak? Biasanya, bayi akan mulai merangkak saat mereka memasuki usia enam sampai sepuluh bulan. Memasuki usia sebelas bulan, biasanya bayi sudah mampu merangkak ke sana ke mari, seolah ingin menjelajah semua sudut rumah.

Apakah mungkin bayi merangkak lebih dulu sebelum bisa duduk? Mengingat kemampuan ini akan matang secara bertahap dan rentang waktunya beririsan, hal ini juga bisa saja terjadi. Tak usah jadi cemas, Moms.

Bayi merangkak atau bisa duduk terlebih dahulu, tidak jadi masalah asalkan bayi mampu melakukan keduanya dengan baik. Hal ini cukup membuktikan bahwa tahap kembang anak sudah dicapai dengan baik, Moms.

Sumber: kumparan

About A Halia

A Halia

Check Also

Supaya Anak Betah Duduk di Jok Belakang, Begini Caranya

Foto by Pramshare thayyiba.com :: Masih banyak orang tua yang mendudukkan anaknya di kursi penumpang depan ...