Home / Artikel / Teknologi / 10 Profesi Masa Kini Lulusan Desain Untuk Si Jiwa Artsy!

10 Profesi Masa Kini Lulusan Desain Untuk Si Jiwa Artsy!

thayyiba.com :: Punya skill desain dan kreativitas tinggi? Jangan ragu untuk melanjutkan pendidikan di bidang desain. Karena, sekarang banyak banget lapangan pekerjaan yang tersedia untuk para desainer-desainer muda Indonesia.

Sebelum kita membahas berbagai lapangan pekerjaan dan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan, perlu diketahui bahwa ada banyak juga jenis dan bidang ilmu dalam desain.

Dari mulai desain komunikasi visual (DKV), interior design, fashion design, sampai ada juga jurusan yang mempelajari desain otomotif. Nah, walaupun sama-sama desain, tapi bidang-bidang tersebut punya fokus ilmu berbeda untuk dipelajari, sehingga pekerjaannya pun nanti belum tentu sama.

Jika kamu sudah mantap ingin kuliah di bidang desain namun masih bingung soal pekerjaan, jangan khawatir guys. Berkembangnya industri kreatif Indonesia menjadikan lulusan desain sebagai salah satu yang paling banyak dicari.

Berbagai perusahaan dan industri membutuhkan anak desain lho, dari creative agency sampai brand company. Berikut adalah beberapa contoh jenis pekerjaan yang bisa diambil para desainer, yuk disimak!

10 Profesi Lulusan Desain Masa Kini

1. Profesi Lulusan Desain: Ilustrator

Sesuai dengan namanya, illustrator bertugas untuk menjelaskan atau menyampaikan sebuah komunikasi/pesan dalam bentuk visual agar bisa menarik dan dimengerti audiens. Ilustrasi juga banyak bentuk dan mediumnya, contohnya iklan poster, desain majalah, cover buku atau novel, dan masih banyak lagi. Banyak illustrator yang juga bekerja secara independen, atau paruh waktu mengerjakan proyek-proyek dan tidak terikat sebagai pekerja full time sebuah perusahaan.

2. Profesi Lulusan Desain: Graphic Designer (Perancang Grafis)

Sebenarnya graphic designer tidak jauh berbeda dengan illustrator, bahkan di banyak perusahaan keduanya digabung menjadi satu. Umumnya, graphic designer banyak ditemui di perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri kreatif, seperti brand/digital agency, media massa, dan masih banyak lagi. Tugas seorang graphic designer adalah memvisualisasikan komunikasi atau pesan dari perusahaan atau klien.

3. Profesi Lulusan Desain: Interior Designer (Perancang interior)

Pekerjaan bagi para lulusan desain interior, pastinya tidak jauh dari mendesain sebuah ruangan. Bukan cuma harus mendesain sebuah ruangan menjadi menarik dari sisi estetika, tapi para desainer interior juga harus bisa mendesain ruangan agar memiliki nilai fungsional dan sesuai dengan kebutuhan. Pekerjaan desain interior biasanya juga berkaitan erat dengan arsitek.

4. Profesi Lulusan Desain: Fashion Designer (Perancang Busana)

Buat kamu yang tertarik dengan bidang fashion, kesempatan menjadi seorang fashion designer terbuka lebar untuk kamu. Banyak banget desainer-desainer muda Indonesia yang bisa berprestasi dan menembus kancah internasional dan bisa jadi kamu akan menjadi yang selanjutnya.

Untuk menjadi seorang fashion designer,kamu bisa melanjutkan pendidikan di sekolah mode, tapi tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin mengikuti kursus atau pelatihan khusus yang banyak diselenggarakan juga oleh sekolah fashion maupun tokoh-tokoh dalam bidang fashion.

5. Profesi Lulusan Desain: Art/Creative Director

Seorang art atau creative director biasanya membawahi beberapa bidang. Seorang art/creative directorbanyak ditemui di industri pertelevisian, periklanan, dan industri kreatif lainnya. Ia bertanggung jawab untuk mengarahkan sebuah tim yang terdiri dari desainer grafis, penulis, videographer, fashion stylist, dan lain sebagainya yang berhubungan untuk membuat sebuah program, iklan, ataupun strategi pemasaran.

6. Profesi Lulusan Desain: Product Designer (Perancang Produk)

Pernahkah kamu melihat sebuah produk yang memiliki kemasan menarik dan unik? Atau bentuk serta desain yang lucu sehinga membuat kamu ingin membeli suatu barang? Nah, semua itu adalah hasil dari para product designer.

Tugas desainer produk bukan cuma mendesain sebuah produk sedemikian rupa hingga berguna untuk banyak orang, tapi juga bagaimana produk tersebut laku di pasaran dan memiliki nilai estetika. Product designer juga dituntut untuk selalu mengolah ide-ide baru yang belum ada dan beda dari sebelumnya.

7. Profesi Lulusan Desain: UI/UX Designer

Sekarang ini banyak banget perusahaan digital yang membuka layanannya lewat aplikasi atau web. Demi kenyamanan pelanggan, aplikasi atau web itu harus didesain dengan baik. Tak hanya dari segi estetikanya saja tetapi juga dari segi fungsi, interaksi, dan penggunaan. Karena itulah, seorang desainer user interface/user experience sangat dibutuhkan. Kamu bakal bekerja merancang sebuah aplikasi, menentukan di mana suatu tombol menu harus ditaruh, warna apa yang membuat nyaman pembaca, dan bagaimana alur kerja aplikasi saat digunakan oleh pengguna. Desainer UI/UX bakal dibutuhkan di perusahaan e-commerce.

8. Profesi Lulusan Desain: Game Designer

Tentu kamu sering bermain games dong? Nah, game itu selalu banyak mengandung animasi. Entah itu berupa 2D atau 3D. Di sinilah potensi desainmu dibutuhkan. Sebuah game tak cuma perlu seorang programmer saja, tetapi juga desainer. Kamu bakal bekerja merancang karakter games, membuat latar tempat games, hingga mendesain senjata yang akan dipakai pemain. Seru kan?!

9. Profesi Lulusan Desain: Komikus how does viagra work after ejaculation.

Salah satu bidang pekerjaan menyenangkan yang juga bisa digeluti para lulusan desain adalah menjadi seorang komikus. Kalau kamu hobi menggambar, sekaligus punya ide-ide cerita menarik, jangan ragu untuk menuangkan kreativitasmu dalam bentuk komik. Siapa tahu komikmu bisa diminati banyak penggemar dan bisa dijual melalui online seperti webtoon atau bahkan dicetak dalam bentuk fisik.

10. Profesi Lulusan Desain: Animator

Animator adalah seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Mereka adalah orang-orang di balik film-film box office yang menampilkan efek CGI (Computer-Generated Imagery) yang keren dan tampak seperti asli. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film, televisi, video game, dan Internet.

Gimana, banyak banget kan bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih jika menjadi seorang desainer? Setelah baca artikel ini, bidang desain mana yang nyangkut di hatimu?

Kalau kamu masih SMA, ini adalah saat yang tepat untuk menentukan masa depanmu. Membangun karier sejak dini tak ada salahnya, kan? Kamu jadi bisa memilih kampus dan jurusan yang tepat.

Sumber: quipper.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Cuma iPhone yang Bisa! 5 Fitur iOS Ini Tidak Akan Pernah Dimiliki Android!

thayyiba.com :: Apakah kamu pemilik perangkat pintar iPhone atau iPad? Pasti tak asing lagi dengan fitur-fitur ...