Home / Kabar / Nasional / 12 Kota Paling Aman di Jalan

12 Kota Paling Aman di Jalan

Salah satu sudut jalan di Surabaya. (Foto : skyscrapercity.com)
Salah satu sudut jalan di Surabaya. (Foto : skyscrapercity.com)

thayyiba.com :: Surabaya, Balikpapan, Jepara dan Hulu Sungai Selatan adalah kota-kota yang dinilai paling aman di jalan oleh Indonesia Road Safety Award (IRSA).

IRSA sendiri adalah program penghargaan terhadap kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan program-program keselamatan di jalan raya. Program IRSA ini diselenggerakan oleh Adira Insurance bekerja sama dengan Majalah SWA, yang memberikan dukungan kepada pemerintah Kab/Kota agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungan pemerintahannya.

Program IRSA kali ini telah memasuki tahun ketiga. Sebanyak 12 kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia terpilih menjadi finalis yang bakal menerima penghargaan IRSA.

Penilaian pada IRSA 2015 mengacu pada 5 pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan yaitu Pilar Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User), dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Post-Crash Response).

“Kegiatan IRSA ini tidak hanya penghargaan. Namun terdapat hal penting didalamnya yaitu evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi finalis yang terpilih,” ujar Indra Baruna, CEO Adira Insurance selaku penyelenggara IRSA 2015 di Jakarta, Selasa (20/10) seperti yang dipetik detikcom.

Dari 76 kota dan kabupaten yang mendaftar, dilakukan proses short listing melalui evaluasi data kuantitatif. Hasilnya, terpilih 16 kota dan kabupaten yang lolos ke tahap selanjutnya.

Sebanyak 16 kota dan kabupaten yang terpilih menjalani tahap seleksi selanjutnya melalui survei dan observasi yang dilakukan oleh para pakar.

Dari sejumlah rangkaian proses seleksi, terpilihlah 12 finalis IRSA 2015 yang terbagi menjadi empat kategorisasi yaitu, Kota dengan penduduk diatas satu juta jiwa: Surabaya, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Kota dengan penduduk dibawah satu juta jiwa: Balikpapan, Probolinggo, dan Tasikmalaya.

Kabupaten dengan penduduk diatas satu juta jiwa: Jepara, Tangerang, dan Klaten.

Kabupaten dengan penduduk dibawah satu juta jiwa: Hulu Sungai Selatan, Kudus, dan Karanganyar.

Sedangkan Jakarta taka da dalam daftar kota teraman di jalanan dalam progam ini. (Redaksi/Thayyiba)

 

About Redaksi Thayyiba

Redaksi Thayyiba
Redaktur

Check Also

12 Jamaah Embarkasi Palembang Wafat di Tanah Suci

  thayyiba.com :: Sebanyak 12 orang jamaah haji asal Embarkasi Palembang meninggal dunia di Arab Saudi ...