Home / Kabar / Nasional / Waspada, Jakarta Rawan Gempa!

Waspada, Jakarta Rawan Gempa!

Gempa Pandeglang Banten
Gempa Pandeglang Banten

thayyiba.com :: Seperti yang telah diberitakan oleh KOMPAS.com, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan bahwa Jakarta termasuk wilayah yang rawan gempa, demikian juga dengan Banten yang letaknya berdekatan dengan Jakarta.

Getaran gempa bermagnitudo 5,2 yang terjadi di Pandeglang, Banten, pada Rabu (4/11/2015) pukul 13.14 WIB terasa hingga ke Jakarta. (Baca: Gempa 5,2 SR di Pandeglang Terasa hingga Jakarta)

Pusat gempa berada di barat Ujung Kulon, di dalam lempeng Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami.

“Guncangan gempa tersebut mengingatkan kita bahwa Jakarta juga rawan gempa. ‎ ‎ Sejarah gempa yang pernah terjadi di wilayah Banten yaitu 6,6 SR pada 16 Desember 1963 dan 6,5 SR pada 21 Desember 1999,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat, Rabu.

Berdasarkan catatan BNPB, Pulau Jawa pernah dilanda gempa kuat dan merusak. Salah satunya gempa yang melanda Jakarta pada 1699 dengan magnitudo 8-9. Daya guncang gempa Batavia (sekarang Jakarta) tahun 1699 itu lebih dari 7 MMI (modified mercalli intensity).

Akibatnya, kerusakan parah terjadi di Jakarta dan sekitarnya ketika itu. Gempa amat kuat juga dirasakan warga Jakarta pada 5 Januari 1699.

“Gempa bumi adalah bencana yang memiliki perulangan. Kita tidak bisa memprediksi kapan gempa secara pasti terjadi. Pertanyaannya, apakah kita siap menghadapi gempa?” sambung Sutopo.

Gempa Pandeglang

Ia juga menyampaikan bahwa gempa yang terjadi di Pandeglang pada siang tadi tidak mengakibatkan kerusakan. Adanya perambatan gempa melalui batuan menyebabkan wilayah Jakarta juga merasakan guncangan.

“Terlebih lagi, batuan penyusun Jakarta adalah material aluvium sehingga mudah bergetar. Warga Jakarta yang berada di tempat tinggi di gedung ‎bertingkat merasakan guncangan hingga (tingkat) sedang,” sambung Sutopo. (put/thayyiba)

About Lurita

Lurita
Online Drugstore,cialis next day shipping,Free shipping,order cialis black,Discount 10%, dutas buy online

Check Also

12 Jamaah Embarkasi Palembang Wafat di Tanah Suci

  thayyiba.com :: Sebanyak 12 orang jamaah haji asal Embarkasi Palembang meninggal dunia di Arab Saudi ...