Home / Keluarga / Konsultasi Keluarga / Bolehkah Memaksa Anak Menghafal Quran?

Bolehkah Memaksa Anak Menghafal Quran?

baca-quran-ok

thayyiba.com :: Apapun alasannya, pemaksaan bukanlah cara yang tepat, apalagi untuk mendidik anak. Akan tetapi perlu diakui bahwa seringkali anak tak mau belajar jika tak dipaksa. Apalagi untuk menghafal quran.

Lalu, bolehkah memaksa anak menghafal Quran?

Zaman sekarang ini alhamdulillah ‘tren’ menghafal Quran semakin menjamur. Anak-anak SD sudah banyak yang hafal quran juz 30, bahkan ada juga yang sudah hafal 30 juz.

Nah, karena fenomena luar biasa ini, ada orangtua yang merasa malu jika anaknya tidak menghafal quran, sehingga dengan berbagai cara, anak dipaksa untuk menghafal.

Tentunya cara ini kurang baik, karena orangtua dan anak bisa jadi sama-sama tidak tahu apa tujuan sebenarnya menghafal quran.

Jikalaupun ingin memaksa anak menghafal quran, paksalah dengan cara yang menyenangkan untuk anak, dan biarkan mereka tak terasa bahwa sedang dipaksa.

Berikut poin-poin yang perlu diperhatikan untuk orangtua yang memiliki keinginan putra-putrinya menjadi penghafal quran:

1. Pastikan anak mengetahui tujuan menghafal quran, baik secara dunia maupun akhirat

2. Pergunakan cara yang menyenangkan sehingga anak bisa menikmati tugas hafalan qurannya

3. Perkuat dengan lingkungan yang mendukung anak untuk menghafal

4. Tidak memporsir anak melebihi batas kemampuannya dalam menghafal

Semoga tips ini bermanfaat.

Sumber: Ummi

About A Halia

A Halia

Check Also

Mendapat Ujian Anak yang Nakal? Begini Mengatasinya (Bagian 1)

thayyiba.com :: Mendidik anak merupakan perkara yang mulia tapi gampang-gampang susah dilakukan, karena di satu sisi, ...