Home / Kabar / Nasional / Baca Tulis Al-Qur’an Akan Masuk Kurikulum di Lampung

Baca Tulis Al-Qur’an Akan Masuk Kurikulum di Lampung

Ilustrasi Anak Penghafal Quran
Ilustrasi Anak Penghafal Quran

 

thayyiba.com :: LAMPUNG—Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung telah menyetujui usulan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk memasukkan pendidikan baca tulis Al-Qur’an masuk kurikulum sekolah. Kurikulum tersebut dikabarkan akan segera masuk dalam rancangan peraturan daerah (raperda).

“Saya sangat setuju dengan apa yang diusulkan oleh DPRD dan sudah menjadi raperda sehingga tinggal implementasi ke siswa,” kata Walikota Bandar Lampung Herman HN usai menghadiri sidang Paripurna DPRD Bandarlampung, Selasa (13/9/2016).

Herman menuturkan, jika kurikulum baca tulis Al-Qur’an saat ini sangat penting untuk mengatasi persoalan perilaku generasi muda yang dinilai kurang baik. Adanya kurikulum baru ini bisa memperbaiki akhlak dan juga memperdalam lagi ilmu agama para siswa.

“Kita sangat berharap dengan adanya kurikulum baca dan tulis Al-Qur’an ini bisa membantu memperbaiki perilaku siswa,” kata dia.

Herman berharap, kurikulum baca dan tulis Al-Qur’an kelak akan berguna bagi masa depan siswa karena bisa memperkokoh keimanan dan menciptakan karakter siswa yang baik.

“Melalui pendidikan ini dapat berdampak pada akhlak yang baik, terutama bagi siswa yang belum mengetahui ilmu agama,” ujarnya disitat dari Vivanews.

Nandang Hermawan, juru bicara DPRD Bandarlampung saat sidang paripurna menjelaskan, raperda ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan baca tulis serta penghayatan Al-Qur’an untuk selanjutnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Secara khusus, raperda ini juga merupakan upaya standardisasi sertifikat/lisensi izin mengajar bagi para pengajar pendidikan baca tulis Al-Qur’an,” ujarnya saat membacakan draf usulan raperda di hadapan peserta paripurna.

Nandang menerangkan, nantinya penyelenggaraan pendidikan baca tulis Al-Qur’an pada jalur pendidikan formal merupakan bagian dari kurikulum pendidikan.

Setiap murid, dari SD, SMP, dan SMA yang akan menamatkan jenjang pendidikan wajib pandai baca tulis Al-Qur’an.

Sumber: Loveislam

About A Halia

A Halia

Check Also

12 Jamaah Embarkasi Palembang Wafat di Tanah Suci

  thayyiba.com :: Sebanyak 12 orang jamaah haji asal Embarkasi Palembang meninggal dunia di Arab Saudi ...