Home / Fashion / Life & Love / Tips Bikin Kamar Kos Super Nyaman

Tips Bikin Kamar Kos Super Nyaman

 

thayyiba.com :: Menjadi anak kos memang menyenangkan, namun siapa sangka ketika kamu menjadi anak kos kamu juga harus bisa bertanggung jawab dengan keadaan dan kebersihan kamarmu. Jika kamu mempunyai kamar yang berantakan dan kamu lalai atau mungkin malas untuk merapikan, sudah pasti dalam waktu satu minggu kemudian kamarmu akan menjadi sarang nyamuk, lalat, dan bahkan kecoa.

Kalau kamarmu sudah dihuni oleh hewan-hewan yang menggelikan tersebut, maka hanya tinggal menunggu hari saja kamu akan terkena penyakit. Nah, buat Sahabat Trivia, jangan sampai sakit karena tidak peduli dengan kebersihan lingkungan karena lama-kelamaan kamu juga tidak akan nyaman untuk tinggal di kamarmu sendiri.

1. Taruh pakaian yang kotor di ember atau tempat yang lain dan jangan lupa untuk menutupnya

photo credit: Ali Express

Ketika kamu sudah selesai mandi, kamu pasti akan berganti pakaian yang bersih kan? Nah, jangan sampai dibiasakan untuk menaruh pakaianmu di atas kasur atau bahkan meninggalkannya di dalam kamar mandi ya, Sahabat Trivia. Usahakan pakaian yang kotor tadi kamu taruh di dalam ember kemudian ditutup.

Karena bisa saja pakaian kotormu tadi malah bercampur dengan pakaian yang bersih. Sudah pasti, kamu tidak akan mengingatnya apakah pakaian tersebut sudah kamu pakai atau belum. Jadi, lakukan antisipasi dengan cara menaruhnya di dalam ember, ya?

2. Kemas barang-barang yang sudah dipakai di meja belajar ketika kamu akan tidur

photo credit: Beli Furniture

Karena kamu mendapatkan tugas yang terlalu berlebihan dari kantor atau kampus, akhirnya banyak buku dan dokumen yang berserakan. Ketika kamu akan tidur, cobalah untuk merapikannya ya.

Selain rapi dan tidak membuat matamu jenuh, buku-buku yang sudah tertata tadi akan lebih mudah kamu temukan jika kamu terburu-buru saat kamu kesiangan. Kamu tidak perlu lagi untuk mencarinya dan bahkan ada yang ketinggalan.

3. Rapikan kasur, bantal, selimut setiap pagi

photo credit: Vemale

Sisihkan waktu lima belas menit sebelum kamu mandi untuk merapikan keadaan kasur dan bantalmu yang sudah berada di dalam kolong tempat tidur karena semalam kamu habis bermimpi diserang mantan. Bayangkan jika kamu tidak pernah merapikan kasur dan juga bantal, sudah pasti kamarmu akan terlihat kusut atau bahkan kamu akan terkena pilek dan batuk akibat debu yang menempel. Nah, jangan lupa dirapikan ya!

4. Setelah mandi, jangan lupa menjemur handuk dan membuang sampah yang ada di kamar mandi

photo credit: Liputan 6

Kamar mandi yang lembab bisa mempengaruhi kesehatan paru-parumu loh. Apalagi jika ditambah dengan sampah yang bertebaran. Jangan lupa untuk menjemur handukmu yang basah di tempat yang terkena sinar matahari ya.

Selain untuk mencegah kuman yang menempel di handuk akibat paparan sinar matahari, kamu juga akan terhindar dari penyakit kulit yang ditularkan oleh handukmu yang basah tanpa dijemur tadi.

5. Sapu kamarmu sehari tiga kali atau mungkin lebih

photo credit: Solusi Properti

Kasur, kamar mandi, dan tempat belajar sudah rapi. Kini saatnya kamu mengambil sapu, menyapu lantai kamarmu, kolong tempat tidurmu, atau mungkin langit-langit kamarmu yang bisa menjadi sarang serangga.

Sapulah kamarmu minimal tiga kali sehari ya, apalagi jika kondisinya sedang musim hujan, kamu harus bisa rutin memperhatikan keadaan kamarmu dan jangan sampai udaranya menjadi lembab. Kalau kamu ada waktu, jangan lupa untuk mengepel lantai kamarmu juga.

6. Buanglah sampah di luar kosan. Jangan sampai sampah menumpuk berhari-hari di dalam kamar

photo credit : IRADIO FM

Rajin-rajinlah membuang sampah setiap hari ya. Kebanyakan sampah anak kos adalah bungkus makanan, sisa makanan, atau minuman. Nah, selain terhindar dari bau busuk makanan yang tidak habis kamu makan, kamu juga tidak akan menemukan lalat yang dengan bebasnya terbang di kamarmu.

Kamu juga akan betah untuk tinggal di kosanmu yang bersih. Jadi, jangan lupa buang sampah di tempat sampah ya. Jangan buang sampah sembarangan.

7. Jangan menggantungkan pakaian berhari-hari. Minimal seminggu sekali kamu harus merapikan isi lemarimu

photo credit : Cara Desain

Satu hal yang kadang lupa atau mungkin memang sengaja tidak diperhatikan, yaitu lupa menggantungkan pakaian di kamar yang bahkan sampai berhari-hari tidak dimasukan ke ember atau dirapikan dan dimasukan ke dalam lemari. Sediakan waktu minimal dua jam di hari libur untuk merapikan isi lemarimu ya.

Nah, semoga 7 cara ini bisa membantumu untuk mengurangi rasa ketidaknyamannya kamar kosmu ya, Sahabat Trivia. Kebersihan kamarmu juga bisa terlihat dari kerapianmu saat kamu berada di lingkungan luar. Semua orang bisa membaca karaktermu yang bersih hanya dengan melihat penampilanmu ketika kamu bersama mereka. Jadi, jangan lupa untuk diperhatikan dari sekarang ya.

Sumber: trivia.id

About A Halia

A Halia

Check Also

BURUK DI AKHIR

Oleh: M Rizal Fadillah (Pemerhati Politik dan Keagamaan)   Banyak tokoh apakah pejabat, politisi, cendekiawan, ...