Home / Artikel / Teknologi / Format Mana yang Lebih Baik? JPEG atau PNG, Ini Dia Alasannya

Format Mana yang Lebih Baik? JPEG atau PNG, Ini Dia Alasannya

Format Mana yang Lebih Baik? JPEG atau PNG, Ini Dia Alasannya
JPEG atau PNG | PCTECHMAGAZINE

thayyiba.com :: Apakah kamu pecinta fotografi? Jika iya kamu pasti mengenal istilah JPEG ataupun PNG kan? Tahukah kamu apa itu JPEG dan PNG? Dan tahukah kamu mana yang lebih baik antara format JPEG dan PNG?

Dilansir dari digitaltrends ternyata ini loh penjelasannya.

Jika dilihat sekilas jika satu gambar yang ditampilkan dalam kedua format tersebut maka mungkin akan tampak sama. Namun tahukah kamu bahwa ternyata keduanya memiliki perbedaan?

JPEG merupakan kependekan dari Joint Photographic Expert Group.

Tim yang telah mengembangkan format JPEG telah menjadi standar dalam fotografi digital dan kegiatan berbagi gambar secara online loh. Hal ini karena JPEG menyediakan keseimbangan ukuran file dan kualitas gambar yang cermat. Namun JPEG tidak disarankan sebagai format gambar arsip loh.

Hal tersebut karena kamu akan melakukan beberapa pengeditan lagi yang memperburuk kualitas gambarnya.

Lalu apa bedanya dengan PNG?

Jika JPEG bergantung pada kompresi DCT maka PNG menggunakan kompresi LZW seperti yang digunakan oleh format GIF dan TIFF.

Hal inilah yang menyebabkan kualitas gambarnya di bawah JPEG. Namun keuntungan PNG adalah kualitasnya yang konsisten ketika disimpan untuk beberapa kali.

Gimana menurut kamu nih?

Sumber: grid.id

About A Halia

A Halia

Check Also

Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuan

thayyiba.com :: Grup Whatsapp yang ramai sangat mengganggu karena banyaknya notifikasi masuk. Mending out aja! Begini ...