Home / Kabar / Analisa / Masih ingat cerita Nabi Ibrahim menghancurkan berhala?

Masih ingat cerita Nabi Ibrahim menghancurkan berhala?

1509525268677

thayyiba.com :: Ternyata puing-puing patung yang dulu dihancurkan oleh Nabi Ibrahim AS masih ada sampai sekarang.

Seperti yang tersebut dalam sejarah, Turki adalah negeri tempat dilahirkannya Nabi Ibrahim AS. Beliau dilahirkan di Urfa (Ur atau Urf), di mana beliau dibesarkan di sana. Ketauhidan Nabi Ibrahim AS tumbuh di kota tersebut.

Salah satu peristiwa yang terkenal adalah ketika Bapak Para Nabi ini melakukan pembangkangan pada ayahnya dengan memenggal dan meng-hancurkan berbagai berhala yang ada di kuil. Disinyalir, puing-puing kuil itu ada di Nemrut Mountain, yang sampai sekarang masih berserakan berhala bekas pemujaan. Namrud atau Nemrut adalah raja lalim yang dilawan oleh Nabi Ibrahim AS kala itu.

Seorang tourist guide di sana menyatakan tentang penamaan Gunung Nemrut, “Well, I’m not very sure. Maybe it’s from King Nemrut, the one that tried to burn Prophet Abraham. Maybe they take the name from him. But it is not related with him, just the name. Maybe”

Mungkin. Mungkin Raja Nemrut terkenal pada waktu itu, jadi gunung tersebut dinamakan dengan nama dia. Atau mungkin juga memang Raja Nemrut di zaman Nabi Ibrahim yang punya berhala. Kepala-kepala berhala yang jatuh tu, adakah dipenggal oleh Nabi Ibrahim? Malah tempat Nabi Ibrahim dibakar juga tidak jauh dari situ, di Harran (sebuah bandar di Sanliurfa)

Namun, walau bagaimanapun, kebanyakan pendapat menyatakan bahwa peristiwa pemenggalan kepala berhala oleh Nabi Ibrahim terjadi Iraq, pusat peradaban kuno Mesopotamia, bukan di Turki hari ini.

Oleh: @KhazanahIslamId

About A Halia

A Halia

Check Also

Benarkah Ada Kebangkitan Radikalisme Di Indonesia?

  thayyiba.com :: Akhir-akhir ini, benak saya terusik dengan berbagai opini yang disuarakan secara gencar oleh ...