Home / Artikel / Artikel Lepas / Seruan Syaithan pada Manusia

Seruan Syaithan pada Manusia

thayyiba.com :: Bagaimana sih cara Syaithan untuk menggelicirkan manusia dari kebenaran Allah, hingga bisa menjadi budak mereka?
Yup, yang pertama adalah, Setan mengajak manusia untuk berbuat keji.

Sesuai dengan yang Allah firmankan,

إِنَّمَا يَأْمُرُكُمْ بِالسُّوءِ وَالْفَحْشَاء وَأَن تَقُولُواْ عَلَى اللّهِ مَا لاَ تَعْلَمُونَ -١٦٩-

“Sesungguhnya (setan) itu hanya menyuruh kamu agar berbuat jahat dan keji, dan mengatakan apa yang tidak kamu ketahui tentang Allah.” (Al-Baqarah 169)

Maka sudah dipastikan setiap pemikiran atau niat jahat yang timbul dari diri kita adalah pemikiran yang berasal dari Syaithan. Dan jika kita membiarkannya tetap berada dalam pikiran kita atau bahkan kita ikuti kemaunnya, itu artinya kita telah selangkah masuk dalam golongan para Syaithan.

Yang kedua yaitu, Menakut-nakuti manusia dengan kemiskinan.
Manusia paling takut dengan kemiskinan, melalui selah ini setan mengambil kesempatan untuk menakut-nakuti manusia agar dia menghalalkan segala cara untuk lepas dari kemiskinan. Dengan cara ini juga setan mengajak manusia untuk kikir dan menimbun hartanya.

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَاء -٢٦٨-

“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir).” (Al-Baqarah 268)

Yang ketiga yaitu, Janji palsu dan Angan-angan kosong. Setan sangat lihai sekali untuk membuai pemikiran manusia. Kita diimingi-imingi dengan keindahan, kemapanan, kesenangan, dan kemakmuran dalam hidup. Padahal kebahagiaan yang menyelamatkan bagi seorang muslim adalah tidak ada lain selain mendapat Ridho Allah Ta’ala, entah itu dalam keadaan mudah ataupun sulit.

يَعِدُهُمْ وَيُمَنِّيهِمْ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلاَّ غُرُوراً -١٢٠-

“(Setan itu) memberikan janji- janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka.” (An-Nisa’ 120)

Menciptakan kebencian dan permusuhan.

إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاء فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ اللّهِ وَعَنِ الصَّلاَةِ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ -٩١-

“Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat maka tidakkah kamu mau berhenti?” (Al-Ma’idah 91)

Inilah yang paling disukai Syaithan kepada ummat muslim, yaitu perpecahan dan permusuhan. Karena dengan berpecah dan bermusuhan, ummat muslim tidak lagi saling mengingatkan dalam taat. Padahal, untuk menuju ketaatan yang sempurna, bisa diraih jika ummat muslim selau menjaga dan menguatkan satu sama lain dalan Syari’at Allah. Oleh karenanya kini tak usah heran, joka banyak ummat muslim yang jauh dari Islam, karena memang kondisi ummat muslim kini sedang terpecah belah dan ini adalah pencapaian terbesar Syaithan dalam menyesatkan Aqidah ummat Islam.

Sumber: hijabalila

#TipuDayaSyaithon

 

About A Halia

A Halia

Check Also

Lima Perusak Amal di Bulan Ramadhan

    thayyiba.com :: Lima hal ini patut dihindari ketika kita menjalankan puasa di Bulan Ramadhan. ...