Home / Fashion / Life & Love / 12 Desain Tangga Kayu Genius yang Belum Pernah Kamu Lihat

12 Desain Tangga Kayu Genius yang Belum Pernah Kamu Lihat

thayyiba.com :: Rumah dengan gaya modern identik dengan perpaduan desain sederhana dengan kesan futuristik. Tidak hanya terlihat pada ornamen dekoratif dan perabotannya saja, kesan simpledan futuristik dari rumah modern bisa juga terlihat pada elemen bangunan yakni desain atap, plafondbahkan penghubung antar lantai seperti tangga berbagai bahan. Misalnya saja tangga kayu. Tangga kayu bisa menjadi salah satu opsi menarik untuk melengkapi desain rumah modern. Ingin tahu desain tangga kayu apa saja yang pas untuk rumah modern? Yuk lihat-lihat!

Ruang Penyimpanan di Bawah Tangga Kayu Multifungsi

Tangga Kayu Panorama House

archdaily.com

Butuh ruang penyimpanan lebih di rumah? Desain tangga kayu yang satu ini siap menjawab kebutuhanmu. Bagian bawah anak tangganya dijadikan lemari penyimpanan yang serbaguna. Sekilas tangga kayu ini malah terkesan seperti deretan lemari penyimpanan yang disusun urut berdasarkan tingginya. Unik sekali!

Tangga Kayu dengan Kesan Melayang yang Futuristik

Tangga Kayu Futuristik

archdaily.com

Desain tangga kayu yang satu ini terlihat sangat modern. Anak tangganya dibuat seolah tanpa rangka dan tampak melayang. Ujung setiap anak tangga kayu ini dibuat tidak bersudut lancip sehingga terkesan luwes. Tidak adanya handrail pada susunan anak tangga bagian bawah menambah kesan modern. Handrail yang juga berbahan kayu hanya dipasang di sisi deretan anak tangga bagian atas.

Desain Elegan Tangga Kayu Gantung

tangga Kayu Gantung

pinterest.co.uk

Tangga kayu yang satu ini tidak kalah kerennya untuk diaplikasikan di rumah modern. Kesan terbuka dan sederhana sangat tampak dari desain tangga kayu ini. Hal tersebut terlihat dari tidak adanya handrail dan riser pada desain tangga. Riser merupakan bagian vertikal yang menghubungkan satu anak tangga dengan anak tangga lain di atas maupun di bawahnya.

Tangga Kayu Gantung Ornamen

pinterest.com

Berbeda dengan desain tangga kayu sebelumnya yang sama sekali tidak bersentuhan dengan dinding, tangga kayu ini salah satu sisinya dibuat merapat dengan dinding. Salah satu sisi anak tangganya seolah tertanam ke dinding, sementara sisi lainnya dihubungkan dengan material besi panjang yang tersambung ke langit-langit. Selain sebagai ornamen dekoratif, material besi ini juga berfungsi sebagai pengaman, menggantikan fungsi handrail.

Tangga Kayu a la Bangunan Modern Industrial

Tangga Kayu Industrial

artdreamshome.com

Kesederhanaan rumah modern kadang mengadopsi konsep industrial dengan ornamen-ornamen unfinished-nya. Misalnya saja pada desain tangga kayu yang satu ini. Anak tangga kayu berpadu dengan material baja dipasang menempel pada dinding yang permukaannya sengaja dibiarkan tampak seperti hanya diplester halus saja. Material baja dan kayunya pun dibuat menonjol.

Kayu dibiarkan seperti warna aslinya sementara baja diberi warna mencolok. Desain tangga kayu ini sengaja tidak menggunakan handrail. Hanya ada beberapa ornamen besi yang tertanam pada dinding yang bisa dijadikan tempat berpegangan.

Tangga Kayu Melengkung Berpadu dengan Handrail Kaca yang Modern

Tangga Kayu Melengkung

arcways.com

Desain tangga kayu ini dibuat melengkung menyerupai spiral dengan kesan kayu yang terasa sangat kental. Riser pada anak tangganya dibuat tertutup sehingga tangga kayu ini terlihat solid dan compact. Sementara pada bagian handrail atau railing tangga, desain ini menggunakan perpaduan material kayu dengan kaca bening.

Handrail tangga kayu ini hanya ditempatkan di sisi luar lengkungan saja. Seluruh material kayu pada anak tangga maupun handrail dibiarkan seperti warna asli kayu dengan permukaan yang halus. 

Tangga Kayu Melengkung Model Open Riser

Tangga Kayu Open Riser

homedit.com

Hampir sama dengan desain sebelumnya, tangga kayu model open riser yang satu ini juga dirancang melengkung. Bagian anak tangganya ditopang oleh kerangka yang terbuat dari beton. Untuk menonjolkan material kayu pada anak tangga, beton kerangka penopangnya diberi warna polos yang netral.

Sementara handrail pada desain tangga kayu ini terbuat dari besi. Desain handrailnya pun dibuat simpel dan hanya terletak di salah satu sisi tangga kayu saja. Perpaduan desain anak tangga dan handrail pada tangga kayu ini memberi kesan terbuka sehingga cocok untuk melengkapi desain rumah modern yang ingin menonjolkan kesan luas dan sederhana.

Hanya Tersedia Sedikit Tempat untuk Tangga? Jangan Khawatir!

Tangga Kayu Tempat Sempit

contemporist.com

Saat ini banyak rumah modern yang didirikan pada lahan dengan luas terbatas. Akibatnya, untuk desain rumah bertingkat, hanya tersedia sedikit area bukaan saja yang menghubungkan satu lantai dengan lantai lainnya. Banyak yang merasa tidak leluasa bereksplorasi pada desain tangganya. Jangan salah! Desain tangga kayu yang satu ini tetap keren lho walaupun hanya menempati area yang sempit.

Desain tangga kayu ini dibuat sederhana. Area bukaan yang sempit membuat anak tangganya dibuat berliku menyesuaikan lebar dan tinggi area tangga. Agar kemiringan tangga tidak terlalu curam, maka tangga kayu ini didesain tanpa bordes atau area datar pada sudut tempat peralihan arah anak tangga. Selain itu, agar tidak semakin terlihat sempit, tangga kayu ini didesain tanpa railing.

Perpaduan Manis Tangga Kayu dengan Handrail Besi dan Kaca

Tangga Kayu Handrail Kayu Besi

homestylecentral.com

Tangga kayu ini dibuat dengan anak tangga model open riser. Kerangka penopang anak tangga alias ibu tangganya hanya berbentuk balok yang ditempatkan di titik tengah bagian bawah anak tangga. Sementara itu, bagian railing desain tangga kayu yang satu ini menggunakan perpaduan material besi, kaca bening, dan kayu.

Material besi diberi warna gelap polos dan berfungsi sebagai rangka railing. Material kaca digunakan pada bagian baluster alias badan railing tangga. Sedangkan material kayu digunakan untuk melapisi rangka besi pada bagian handrail. Perpaduan ketiga material pada desain tangga kayu ini terlihat apik dan modern.

Tangga Kayu Trippy yang Unik

Tangga Kayu Trippy

thedancingrest.com

Tangga kayu pada rumah modern tidak selamanya harus terlihat kaku dengan pola ornamen yang terlihat simetris. Contohnya saja desain tangga kayu yang satu ini. Pola ornamen kayu di sisi kanan dan kiri tangga membuat tangga kayu ini terbilang unik. Efek visual yang dihasilkan dari ornamen pada desain tangga kayu tersebut menyerupai efek halusinasi.

Semakin Terlihat Modern dengan Pencahayaan di Sisi 

Tangga Kayu Pencahayaan

houzz.com

Pada desain tangga ini, anak tangga yang terbuat dari material kayu dicat berwarna putih polos. Masing-masing anak tangga tertanam ke dinding secara terpisah satu sama lain. Sementara bagian railing pada desain tangga kayu ini terbuat dari kaca bening sehingga membuatnya terlihat sangat kekinian. Ditambah lagi terdapat juga efek pencahayaan pada sisi anak tangga yang menempel ke dinding.

Pencahayaan Tersembunyi pada Anak Tangga Kayu

Tangga Kayu Cahaya Bawah Tangga

pinterest.com

Desain tangga kayu yang satu ini juga sangat cocok untuk diterapkan di desain rumah modern. Bentuk tangga yang simpel ditambah pencahayaan tersembunyi pada setiap anak tangganya sangat memberi kesan stylish. Handrail berbahan kayu juga melengkapi tangga ini. Desain handrail­-nya pun sederhana, hanya berupa ornamen berbentuk garis lurus yang tertanam di dinding.

 

**Tangga Kayu Modern dengan Desain Zig-zag

Tangga Kayu Zigzag

pinterest.com

Tangga kayu dengan model open riser ini juga terlihat unik sekaligus kekinian. Setiap anak tangga tertanam pada dinding di salah satu sisinya sementara di sisi lain terhubung dengan tiang besi yang menyambung ke langit-langit. Yang membuat desain tangga kayu ini unik adalah anak tangganya dibuat dengan posisi selang-seling untuk pijakan kaki kanan dan kiri.

Bagaimana, tertarik mengadopsi salah satu desain tangga kayu di atas untuk hunian modernmu?

Sumber: dekoruma

About A Halia

A Halia

Check Also

Resep Menu Buka Puasa: Teh Tarik Cincau Manis dan Segar

Es Cappucino Cincau. foto: jakartabubbledrink.com thayyiba.com :: Jakarta Sudah ada pilihan minuman untuk berbuka puasa ...