Home / Fashion / Life & Love / 10 Model Kamar Mandi Efisien untuk Luasan Sempit

10 Model Kamar Mandi Efisien untuk Luasan Sempit

thayyiba.com :: Kamar mandi adalah sebuah ruang yang tentunya wajib ada dalam setiap hunian. Karena merupakan sebuah kebutuhan dasar setiap manusia, maka keberadaan kamar mandi sangat penting bagi sebuah rumah. Tidak peduli seberapa luas atau sempit, sederhana atau mewah, yang dipastikan dari keberadaan sebuah kamar mandi adalah fungsinya dapat maksimal.

instagram.com/dekoruma

Tapi, hal yang berbeda jika kita bicara mengenai model kamar mandi untuk sebuah lahan hunian yang sempit. Karena luasnya terbatas, kita kebingungan bagaimana agar tetap ada kamar mandi dalam rumah mungil kita. Nah, coba tengok model-model kamar mandi efisien di bawah ini ya untuk luasan yang sempit berikut ini yuk!

Model kamar mandi pintu geser kaca

pinterest.com

Kamu memiliki rumah dengan ukuran yang minimalis? Pintu geser bisa menjadi salah satu solusi bagi model kamar mandi di hunian minimalismu. Kehadiran pintu geser yang saat ini sedang naik daun dan menjadi tren adalah salah satu solusi untuk menghemat penggunaan ruang. Gunakan pintu geser kaca pada model kamar mandi rumahmu, karena pintu geser tidak akan mengurangi ruang.

Selain itu, penggunaan kaca bening pada pintu geser akan membuat persepsi ruang yang lebih luas. Jika model kamar mandimu menggunakan pintu geser bening, kamu bisa melapisinya dengan gorden berwarna yang bisa ditutup ketika kamar mandi digunakan dan bisa dibuka kembali ketika kamar mandi sedang tidak digunakan.

Lakukan penataan pada setiap sudut ruang model kamar mandi sempit

pinterest.com

Pada kamar mandi yang sempit, kita harus bisa memaksimalkan ketersediaan ruang yang ada. Manfaatkan setiap sudut ruang dari model kamar mandi yang kamu miliki dengan menggantung rak atau lemari penyimpanan untuk menaruh sabun mandi, sabun cuci muka dan berbagai peralatan lain yang umumnya berada di sebuah kamar mandi.

Cerdas memanfaatkan lahan pada model kamar mandi luasan sempit

pinterest.com

Jika kamu tinggal di sebuah apartemen atau di rumah dengan ukuran yang mungil, sangat penting bagi kamu untuk dapat dengan cerdas menemukan ruang-ruang yang masih dapat dimanfaatkan untuk lebih dari satu fungsi penggunaan. Begitu pula dengan penataan ruang model kamar mandimu. Misalnya, sisi lemari penyimpanan yang bisa difungsikan sebagai tempat tisu gantung, tempat menyimpan sikat toilet atau tempat menggantungkan cairan pembersih tangan.

Model kamar mandi dengan warna solid

pinterest.com

Untuk kamar mandi dengan lahan terbatas, pola yang terlalu ramai akan membuat model kamar mandimu terlihat semakin sempit dan terasa seakan lebih kecil. Sebaliknya, warna-warna alami akan memberikan kesan terbuka dan kamar mandi terasa lebih luas. Selain itu, Agar terkesan lebih luas, sebaiknya gunakan lantai keramik warna putih atau krem. Ini karena warna terang dapat memantulkan cahaya. Hal ini membuat cahaya lampu terpancar lebih efektif ke sudut-sudut yang sulit terjangkau cahaya lampu secara langsung. Kamar mandi pun terasa sejuk dan terlihat luas.

Namun, jika kamu kurang menyukai warna terang atau sudah terlanjur memakai warna gelap dan tidak dapat merenovasinya lagi, maka yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengecat sisa ruang lainnya seperti dinding dengan warna terang.

Model kamar mandi dengan keramik menyeluruh

google.com

Serupa dengan warna lantai, ukuran keramik juga brtpengaruh pada model kamar mandi hunianmu. Faktanya, keramik berukuran kecil-kecil memiliki efek memotong ruangan. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan keramik berukuran besar untuk mengurangi garis yang muncul di permukaan lantai. Bila memungkinkan, pasang keramik yang sama di keseluruhan ruang model kamar mandimu sampai menutupi seluruh dinding hingga langit-langit. Kamu bisa memilih keramik yang punya permukaan mengkilap sehingga mampu memantulkan cahaya alami di kamar mandi.

Gunakan warna senada pada dinding dan lantai untuk model kamar mandi kecilmu

hgtv.com

Warna memberikan efek yang cukup berpengaruh pada luas ruangan. Begitu pula untuk model kamar mandimu. Gunakan warna senada antara dinding dengan lantai pada model kamar mandi kecil yang kamu miliki. Tujuannya agar menghasilkan garis lurus yang tidak terputus saat dipandang mata, hingga membuat siapapun berpikir bahwa model kamar mandi ini lebih luas dari ukuran aslinya.

Terkadang sebagian orang mengira bahwa banyak warna yang diaplikasikan pada model kamar mandi akan membuat tampilannya segar dan ceria. Hal ini benar dan memang sah-sah saja jika diterapkan pada kamar mandi berukuran luas. Tetapi tidak dengan kamar mandi yang sempit.

Lupakan bak mandi untuk model kamar mandi hemat ruang

pinterest.com

Model kamar mandi saat ini sepertinya sudah hampir meninggalkan penggunaan bak mandi di dalamnya. Selain penampungan air bisa berbahaya karena membiarkan nyamuk berkembang biak, penggunaan bak mandi juga tidak efektif secara waktu karena kita harus meluangkan waktu yang tidak sebentar untuk secara rutin menguras bak mandi.
Sebagai penggantinya, gunakanlah shower head. Keberadaanshower bisa menghemat ruangan dan juga menghemat air tentunya. Ukuran ruang untuk shower dalam model kamar mandimu cukup 1 meter saja. Untuk memisahkan area kering (closet) bisa menggunakan tirai, kaca, atau dibiarkan terbuka.

Model kamar mandi bawah tangga

arthomedesignideas.com

Area di bawah tangga dengan atap yang miring seringkali tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dibiarkan tidak berguna atau hanya sebagai gudang saja. Untuk rumah dengan lahan terbatas, kamu bisa memanfaatkan area ini untuk membuat model kamar mandi minimalis.
Memiliki kamar mandi di bawah tangga ada banyak keuntungannya. Selain rumah terasa lega dan ringkas, area yang sering terdapat di sekitar ruang tamu ini lebih mudah dijangkau oleh para tamu agar tidak perlu masuk ke dalam kamar mandi pribadi pemilik rumah.

Pasang cermin besar untuk model kamar mandi yang sempit

Pada ruangan sempit, pemasangan cermin besar pada salah satu sisi dinding akan menghasilkan efek ruangan yang lebih luas daripada aslinya. Hal ini dikarenakan sifat cermin yang bisa merefleksikan benda yang ada di depannya dan bisa bisa merefleksi sinar lampu lebih menyebar dan model kamar mandi kamu pun akan terkesan luas. Pilihlah model cermin yang simpel tanpa detail bingkai yang rumit.

Siapa bilang model kamar mandi sempit tidak bisa menggunakan bathtub?

google.com

Model kamar mandi masa kini umumnya menghadirkan sebuahbathtub, entah sebagai kebutuhan atau hanya sekedar untuk melengkapi elemen keindahan kamar mandi. Kamu bisa memilih bathtub dengan bentuk yang minimalis dan ukuran yang disesuaikan dengan model kamar mandimu yang juga minimalis.

Itu dia 10 tips menata model kamar mandi dengan luasan sempit. Yang mana yang ingin kamu aplikasikan di rumah?

Sumber: dekoruma.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Pulanglah! Ada Surga Menuggu di Rumah Orangtuamu

  Kematian pasangan suami isteri di Magelang dirumahnya baru-baru ini tanpa diketahui orang lain selama ...