Home / Artikel / Wanita / 11 Cara Mempercantik Diri Menurut Islam Bagi Muslimah

11 Cara Mempercantik Diri Menurut Islam Bagi Muslimah

 

thayyiba.com :: Pada dasarnya, setiap wanita dilahirkan dengan kecantikan masing-masing. Namun sayangnya, kebanyakan orang masih belum puas dengan apa yang telah dimilikinya. Mereka berlomba-lomba mempercantik diri dengan penggunaan krim-krim pemutih, make-up, bahkan lewat operasi plastik. Ya mungkin tindakan-tindakan tersebut bisa membuat kita menjadi cantik secara fisik. Tapi bagaimana islam memandang hal itu? Ketahuilah wahai para muslimah, cantik menurut islam bukan hanya sekedar malasah fisik. Tapi juga perihal jiwa dan hati. Sebagaimana doa yang selalu diucapkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam setiap hendak bercermin:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ ، اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

“Segala puji bagi Allah, Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.”

Mempercantik diri memang disunnahkan dalam islam. Sebab Allah SWT itu Maha indah dan Dia mencintai keindahan. Namun dalam mempercantik diri ada batas-batas yang harus dipahami oleh para wanita muslim. Apakah itu? Tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja simak cara mempercantik diri menurut islam di bawah ini!

  1. Rajin berwudhu

Setiap umat muslim pasti pernah berwudhu. Wudhu adalah salah satu aktivitas yang dilakukan sebelum solat sebagai penghilang najis dan penyempurna ibadah. Namun tahukah Anda, bahwa berwudhu juga bisa mencerahkan wajah loh! Ketika Anda membasuh muka dengan air wudhu, noda dan kotoran akan luntur. Tak hanya itu, berwudhu juga menggugurkan dosa-dosa. Maka itu perbanyaklah berwudhu disetiap waktu. Seperti saat hendak keluar rumah dan sebelum tidur malam.

Dikatakan oleh Abu Hurairah ra:  “Aku mendengar Rasululah Saw bersabda, “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

  1. Shalat tahajjud

Mengamalkan shalat tahajjud memang tidaklah mudah. Pasalnya shalat ini dilakukan di sepertiga malam terakhir (sekitar jam 3 dini hari). Saat dimana kita sedang tertidur nyenyak. Tak ayal, banyak orang yang lalai dan malas untuk menjalani ibadah sunnah ini. Namun tahukah Anda, ternyata sholat tahajjud tidak hanya meningkatkan peluang doa kita dikabulkan. Tetapi aura dari wajah kita juga akan terpancar dengan indah. Walaupun tak mengenakan krim pemutih pun, Anda akan terlihat cerah dan bersih. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

 “Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

  1. Rajin membaca Al-Quran

Al-Quran bukan hanya sekedar buku karangan manusia. Namun sebuah firman Allah SWT yang teramat mulia. Dengan rutin membaca Al-Quran, jiwa akan tenang dan wajah kita menjadi berseri seolah mendapatkan nur dari Sang Ilahi. Maka itu, selalu sempatkanlah membaca Al Quran di setiap hari. Lakukan dengan ikhlas dengan niat beribadah kepada Allah SWT maka niscaya inner beauty-mu akan terlihat dan membuat kagum orang lain.

  1. Murah senyum

Seseorang yang murung, cemberut dan selalu tampak cuek pasti akan terlihat menakutkan. Berbeda dari orang-orang yang wajahnya dihiasi senyum, mereka selalu menghadirkan kesejukan di hati orang lain yang memandangnya. Menurut penelitian, tersenyum dapat membuat orang awet muda. Tersenyum juga bisa memancarkan kecantikan dalam hati (inner beauty). Dengan tersenyum, kita akan disayangi orang lain dan mudah memperoleh sahabat.Dari Abu Dzar ra, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

  1. Menghindari sifat pemarah, sombong dan iri hati

Cantik tidak hanya dibentuk dari luar. Seindah apapun wajah seseorang, namun bila ia mempunyai penyakit dihatinya (seperti iri hati, sombong) maka pastilah ia tampak jelek. Sifat-sifat tersebut membuat wajah terlihat gelap sehingga hilanglah nur alami dalam diri kita. Selain itu, hindari juga marah-marah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang sering marah maka cenderung mengalami penuaan dini. Sebagaimana Hadits Rasulullah yang artinya:

“Sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad tersebut. Jika ia buruk, maka buruk pula seluruh jasad itu. Ingatlah, bahwa ia adalah hati.” (HR. Bukhari).

  1. Hindari perbuatan maksiat

Sama halnya dengan memendam penyakit hati, perbuatan maksiat juga bisa membuat wajah jadi tampak gelap dan hitam. Seseorang yang hobi berbuat maksiat, maka hilanglah kecantikan dalam jiwa dan fisiknya. Mungkin ia bisa mempoles wajahnya dengan make up agar terlihat menarik. Namun tetap saja kecantikan itu tak terlihat natural. Berbeda dengan para ahli ibadah yang kecantikannya tampak natural dan wajahnya bercahaya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin cantik maka hindarilah maksiat. Sebisa mungkin ucapkan istighfar sesering mungkin agar Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita.

  1. Mengenakan jilbab syar’i

Wanita cantik bukanlah mereka yang mengumbar paras eloknya kepada lelaki yang bukan muhrimnya. Berdasarkan ajaran islam, kecantikan wanita harus disimpan hanya untuk suaminya. Maka itu, islam mewajibkan wanita agar mengenakan jilbab dan mengulurkannya menutupi dada. Seorang wanita yang berjilbab dengan pakaian panjang pastinya akan terlihat lebih anggun dan cantik dibandingkan wanita berpakaian minim yang mengumbar auratnya.

Dengan memakai jilbab, wanita juga tampak lebih terhormat serta terhindar dari risiko pelecehan. Perintah menutup aurat ini dijelaskan lewat firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 59 yang artinya:

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. al-Ahzab ayat: 59)”

  1. Mengenakan pakaian yang bagus (tidak berlebihan)

Islam tidak pernah melarang wanita ataupun laki-laki untuk mengenakan pakaian yang bagus. Justru islam menganjurkan agar umatnya memakai pakaian yang sopan dan indah namun tidak boleh berlebihan. Sebab berlebihan dalam penampilan bisa menimbulkan sifat sombong. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw yang artinya:

“Sesungguhnya Allah indah dan suka keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia. (HR. Muslim)”

  1. Melakukan perawatan tanpa mengubah bentuk diri

Menggunakan make-up dan melakukan perawatan diri dalam islam juga tidak dilarang. Wanita boleh mengenakan bedak saat keluar rumah. Mereka juga dianjurkan melakukan perawatan diri dengan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, susu, atau madu agar kesehatan kulitnya terawat. Dengan begitu, suaminya bisa semakin cinta dan keharmonisan rumah tangga terjaga dengan baik.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, islam melarang seseorang mengubah bentuk wajah dan tubuhnya tanpa alasan yang kuat. Semisal ia ingin hidung mancung, lalu melakukan operasi plastik. Hal ini benar-benar dilarang oleh islam! Termasuk mencukur alis, bertato, dan tindakan-tindakan lain yang merubah ciptaan Allah SWT. Dijelaskan dalam surat An-nisa ayat 119 yang artinya:

“Dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan kusuruh mereka mengubah ciptaan Allah (lalu mereka benar-benar mengubahnya). Barang siapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh dia menderita kerugian yang nyata.”

  1. Puasa sunnah

Cara mempercantik diri menurut islam selanjutnya adalah dengan mengamalkan ibadah puasa sunnah. Tenang, Anda tidak perlu takut kurus ataupu mati hanya karena melaksanakan puasa sunnah. Justru menurut beberapa penelitian ilmuwan, puasa merupakan aktivitas yang sehat. Dengan berpuasa, risiko obesitas dapat dihindari, mengurangi risiko kanker dan menyehatkan jantung. Anda tidak perlu menjalankan puasa setiap hari. Cukup puasa sunnah senin dan kamis, insyaAllah kecantikan aura wajah menjadi semakin terpancar.

  1. Menerapkan pola makan sehat

Menerapkan pola makan sehat juga menjadi cara mempercantik diri menurut islam. Dalam ajaran islam, seseorang dianjurkan untuk makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Makan tidak boleh berlebihan, makan hendaklah dengan tangan kanan dan sambil duduk, mengucap basmallah serta jangan lupa hanya mengonsumsi makanan halal. Ada banyak makanan halal yang bisa Anda konsumsi untuk mempercantik kulit, seperti buah-buahan dan sayuran. Tak lupa pula, imbangi dengan memperbanyak meminum air putih (sekitar 2-2,5 liter perhari) untuk menjaga kekencangan kulit.

Demikianlah beberapa cara mempercantik diri menurut islam. Cukup mudah, bukan? Islam memang tidak pernah mempersulit hambanya. Dan yang perlu diingat lagi, Allah SWT tidak pernah menilai seseorang dari rupanya. Jadi jangan sampai Anda melakukan hal-hal yang berbahaya hanya demi memperoleh kecantikan fisik. Syukuri dirimu apa adanya, tersenyumlah dan perbanyaklah beribadah maka kecantikan abadi akan terpancar di wajahmu. Tak lupa lupa jalankan rukun imanrukun islamIman dalam Islam, Hubungan Akhlak Dengan Iman Islam dan Ihsan, serta pelajari Hubungan Akhlak dengan Iman.

Sumber: dalamislam.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Menjadi Janda, Haruskah Menikah Lagi?

    thayyiba.com :: Banyak kita jumpai seorang wanita yang ditinggal mati suaminya, sehingga akhirnya menjadi ...