Home / Artikel / Artikel Lepas / Keutamaan Sholat Isya dan Subuh Berjamaah

Keutamaan Sholat Isya dan Subuh Berjamaah

Thayyiba.com :: “Barang siapa melakukan sholat Isya berjama’ah pahalanya sama dengan orang yang melaksanakan sholat separuh malam, sedangkan orang yang melaksanakan sholat Isya dan Shubuh berjamaah pahalanya sama dengan melaksanakan sholat sepanjang malam”.


“Seandainya manusia mengetahui pahala dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya selain dengan diundi, tentu mereka saling mengundi. Seandainya mereka mengetahui pahala pada At-Tahjir ( menuju shalat lebih awal ), tentu mereka akan berlomba-lomba mendapatkannya. Dan sendainya mereka tahu pahala dalam shalat isya dan subuh, tentu mereka akan mendatangi keduanya walaupun harus merangkak “
 HR. Bukhari.

 

“Seandainya manusia mengetahui … ,seandainya mereka mengetahui … ,seandainya mereka tahu … ,” kalimat ini diulang-ulang oleh Rasulullah SAW seakan-akan ia sangat-sangat menyayangkan bila umatnya tidak melaksanakan shalat berjamaah di mesjid.

Karena boleh jadi Rasulullah SAW telah diperlihatkan sendiri oleh Allah SWT pahala apa dan keutamaan apa yang akan didapat oleh manusia bila mereka melaksanakan kedua shalat ini secara berjamaah.

Sedangkan untuk kita, kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa hal itu adalah benar dan pasti akan kita dapatkan baik di dunia sekarang maupun di akhirat kelak.

Salah satu keutamaan sholat berjamaah di mesjid yaitu akan mendapatkan jaminan dari Allah SWT. Begitu pula sholat subuh,  Diriwayatkan dari Jundab bin Sufyan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunaikan shalat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan jaminanNya. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan shalat subuh , Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka” HR. Muslim.

Katakanlah : ”Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami . Dialah Pelindung kami, dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakkal”.
(QS.Attaubah : 51)

 

Sumber : pengumpulhikmah.blogspot.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Kaitan Antara Israel, Yahudi, Zionis, Freemasonry dan Illuminati

thayyiba.com :: Bismillaah wal Hamdulillaah … Wa Laa Haula Wa Laa Quwwata illaa Billaah … Istilah ...