Home / Artikel / Teknologi / Ponsel Tercebur ke Air? Jangan Panik, Segera Lakukan 7 Hal Ini

Ponsel Tercebur ke Air? Jangan Panik, Segera Lakukan 7 Hal Ini

Ponsel Tahan Air
Ilustrasi ponsel tercebur ke air. (Doc: CNET)

 

thayyiba.com :: Para ibu yang punya anak balita pasti pernah mengalami kejadian ini. Saat sedang asyik membersihkan rumah, tiba-tiba anak kesayangan Anda yang masih balita tak sengaja menjatuhkan ponsel ke dalam air.

Mengetahui ponsel satu-satunya milik Anda jatuh ke dalam air, pasti panik. Anda pasti khawatir ponsel akan rusak dan tentu saja berpikir akan biaya perbaikan yang mahal.

Tenang, semua itu bukanlah akhir dari segalanya. Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut untuk mengatasi ponsel yang terkena air, seperti yang dilansir Brightside.

1. Ambil ponsel sesegera mungkin, kemudian matikan

Segera ambil ponsel dari tempat basah, lalu matikan ponsel. Jangan hidupkan kembali sampai benar-benar kering. Air di dalam ponsel dapat menyebabkan korsleting.

2. Cabut baterai

Cabut baterai pada ponsel agar membantu menurunkan risiko kerusakan internal. Hati-hati membersihkan bagian dalam ponsel dengan handuk.

3. Cabut kartu SIM

Ilustrasi Foto Kartu SIM Telpon Seluler / HP. (iStockphoto)

Anda harus benar-benar membuat ponsel kering dan jangan lupa untuk mencabut SIM card. Ketika kering, ponsel akan siap digunakan lagi.

4. Jangan gunakan pengering rambut untuk mengeringkan ponsel

Hal ini justru mendorong air lebih masuk ke dalam perangkat ponsel. Udara hangat yang dihasilkan pengering rambut akan mencairkan beberapa bagian ponsel dan sangat berbahaya.

5. Masukan ponsel ke dalam plastik yang berisi beras

Ilustrasi ponsel bekas (Reuters)

Ponsel di dalam plastik yang diisi beras akan dapat diserap kelembapannya. Sehingga kemungkinan semua air di dalam ponsel dan baterai akan masuk ke dalam beras.

6. Matikan dan cabut semua perangkat eksternal

Cabut kartu memori serta baterai yang mungkin menutupi lubang atau celah-celah di ponsel, yang membuat air terjebak di dalamnya.

7. Gunakan vacuum cleaner

Jika memiliki vacuum cleaner, Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan kelembapan. Lakukan selama 20 menit.

Sumber: Feed.Merdeka.com

About A Halia

A Halia

Check Also

2 Cara Mudah Membedakan SD Card Asli atau Palsu

thayyiba.com :: Tahukah kamu bahwa ada macam-macam SD Card? Dari mulai tingkat kecepatan transfer data, hingga ...