Home / Fashion / Life & Love / Ini Jenis-jenis Kurma yang Enak Dinikmati saat Ramadan dan Cara Memilihnya

Ini Jenis-jenis Kurma yang Enak Dinikmati saat Ramadan dan Cara Memilihnya

Ini Jenis-Jenis Kurma yang Enak Dinikmati saat Ramadan dan Cara Memilihnya

thayyiba.com :: Dalam hitungan hari lagi, bulan Ramadan atau biasa juga disebut bulan puasa siap menyambut seluruh umat Muslim di seluruh dunia.

Bulan Ramadan datang, maka salah satu bintang utama yang kehadirannya tidak pernah absen di bulan puasa apalagi kalau bukan buah kurma. Yup! Buah kurma memang bisa dibilang menjadi bintang utama saat bulan Ramadan tiba.

Nah, secara sekilas buah kurma ini memang tampilan luarnya tampak sama. Namun tahukah bahwa buah kurma hadir dengan banyak jenisnya loh! Sebagaimana disitat Harvesttotable, Minggu (13/5/2018) disebutkan kurang lebih ada tujuh varietas buah kurma yang populer.

1. Barhi : Paling lembut dan kurma paling rapuh jadi karakter varietas satu ini, namun kurma barhi juga disebutkan sebagai kurma yang memiliki kandungan kaya sirup. Ukuran kecil hingga sedang (medium) dengan daging dan kulit yang kencang berwarna kuning kecoklatan keemasan. Namun sayangnya, buah kurma barhi adalah jenis kurma yang cukup lama proses pematangannya.

2. Dayri : Berat dan manis, jadi karakter kurma jenis ini. Kurma jenis dayri ini disebutkan biasanya memiliki daging yang lunak. Kulit kurma jenis ini biasanya berwarna agak kemerahan kemudian saat matang berubah menjadi kecoklatan lalu agak kehitaman.

3. Deglet Noor : Kurma berjenis semi-dry, kurma jenis deglet noor ini dikatakan dikenal sebagai rasa asli dari kurma itu sendiri. Kurma tipe deglet noor adalah kurma yang baik jika digunakan untuk bahan masakan. Sama seperti barhi, deglet noor juga termasuk kurma yang lambat proses pematangannya.

4. Halawi : Punya rasa seperti madu dikatakan sebagai karakter dari kurma halawi. Halawi sendiri secara kata, memiliki arti ‘manis’, Ukurannya sendiri kecil sampai agak besar, dengan warna kulit kecoklatan dan tekstur dagingnya yang lunak.

5. Khadrawy : Punya cita rasa yang kaya namun tetap lembut. Secara tampilan buah kurma jenis ini punya kulit berwarna oranye kecoklatan dan daging yang agak keras. Kurma khadrawi dianggap sebagai kurma yang punya rasa dan tekstir terbaik saat dimakan langsung, namun tidak begitu baik saat disimpan jadi memang lebih baik dimakan langsung.

Sumber: okezone.com

About A Halia

A Halia

Check Also

5 Trik Mudah Bikin Karage Lezat ala Jepang, Yuk Coba!

Pixabay/sharonang thayyiba.com :: Penggemar makanan Jepang pasti gak asing dengan menu yang satu ini. Ayam goreng ...