Home / Keluarga / Konsultasi Keluarga / Bila Anak Ingin Berbuka Puasa Sebelum Waktunya

Bila Anak Ingin Berbuka Puasa Sebelum Waktunya

 

Bulan Ramadan sudah tiba. Selain menyiapkan diri untuk berpuasa dan meningkatkan keimanan, jangan lewatkan kesempatan untuk melatih anak menjalankan ibadah puasa. Anak-anak harus dilatih sejak dini untuk menjalankan ibadah puasa.

thayyiba.com :: Anak-anak yang belum akhil baligh, memang belum diwajibkan berpuasa. Namun, bukan berarti harus menunggu anak besar untuk melatihnya. Anak-anak berusia balita yang tengah bersekolah di bangku preschool pun sudah bisa dikenalkan berpuasa.

Memang, gampang-gampang susah mengenalkan dan melatih balita berpuasa. Orang tua harus bersabar karena butuh waktu untuk membuatnya konsisten berpuasa meskipun hanya dengan menunda jam makannya menjadi 3 – 5 jam lebih lama. Berbagai insiden kecil pun akan Anda temui ketika melatih anak berpuasa. Salah satunya ketika ia tiba-tiba merengek ingin membatalkan puasanya sebelum waktu buka yang telah Anda sepakati bersamanya.

Lantas, bagaimana menghadapi rengekan si Kecil yang ingin membatalkan puasa sebelum waktu latihan berbukanya tiba? Beberapa kiat berikut ini dapat Anda lakukan.

  1. Tak perlu memaksa jika kondisi anak memang tidak baik
    Seringkali anak merengek ingin membatalkan latihan puasanya karena merasa lemas dan kehausan. Melihat kondisi si Kecil ini, Anda tak perlu memaksakannya. Berikan kesempatan kepadanya untuk membatalkan puasanya dan beritahu untuk kembali berpuasa jika tubuhnya sudah membaik, misalnya esok hari dan seterusnya.
  1. Alihkan perhatian dengan mengajaknya jalan-jalan
    Ketika si Kecil merengek karena ingin membatalkan latihan puasanya, Anda tak selalu harus mengiyakan, dengan catatan kondisinya masih baik-baik saja. Rengekan ini bisa saja terjadi karena anak merasa bosan. Coba ajak ia jalan-jalan keluar, melihat anak-anak bermain sepeda atau berkeliling kompleks perumahan. Hal ini bisa membuatnya lupa akan keinginannya membatalkan puasanya.
  1. Rayu dengan hadiah
    Membujuk dan merayunya dengan hadiah saat ia merengek ingin berbuka sebelum waktunya dapat dicoba. Tentu saja jika rengekannya bukan karena lemas atau sakit. Janjikan hadiah untuknya, tak perlu berharga mahal, yang terpenting bisa melatih ketahanan anak berpuasa. Si Kecil pasti senang mendapatkan hadiah dari Anda. Cara ini sekaligus mengajarinya bahwa untuk mendapatkan sesuatu harus dilalui dengan usaha, layaknya ia berusaha merampungkan puasanya hingga waktu berbuka tiba.
  1. Menu berbuka favorit anak
    Menu berbuka yang disukai anak dapat menjadi motivasi tersendiri baginya untuk tidak membatalkan latihan puasanya.
  1. Bersikap tegas
    Ketika anak merengek ingin membatalkan puasanya karena manja, sedangkan kondisi dan usianya dinilai cukup kuat berpuasa, Anda dapat bersikap tegas kepadanya. Dengan bersikap tegas, tidak boleh membatalkan puasanya, anak akan belajar lebih kuat dan sedikit demi sedikit mengurangi sikap manjanya.

Sumber: ibudanmama.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Puasa Orang yang Sudah Pikun

    thayyiba.com :: Apakah orang yang sudah pikun tidak wajib puasa? Kalau tidak puasa apa ...