Home / Fashion / Life & Love / Tips Memotret Makanan dengan Hasil Estetik Hanya dengan Handphone

Tips Memotret Makanan dengan Hasil Estetik Hanya dengan Handphone

unsplash

thayyiba.com :: Bukan hal yang aneh kalau generasi milenial suka menghabiskan waktu dan uangnya untuk rekreasi, traveling atau sekedar mencari tempat nongkrong kekinian dan foto-foto bersama teman. Bukan cuma sekedar foto OOTD, banyak anak milenial yang juga suka memotret makanan untuk diunggah di media sosialnya. Nah ternyata, bukan sekedar makanan, tetapi banyak dari mereka yang mengambil gambar makanan dengan gaya yang lebih estetik. untuk membuat foto makanan itu ternyata nggak harus pakai kamera canggih, lho! Pakai handphone ternyata juga bisa! Mau tahu caranya? Langsung disimak yuk!

1. Perhatikan Pencahayaan

Foto yang baik, tentu harus memiliki pencahayaan yang baik juga girls. Manfaatkan sumber cahaya yang besar dengan sinar lembut ketika kamu ingin memotret makanan menggunakan kamera ponsel. Kamu bisa memotret di luar ruangan atau di dalam ruangan yang dekat dengan jendela. Jika kamu memotret di dalam ruangan yang tidak memiliki pencahayaan yang cukup baik, jangan takut untuk memindahkan objek atau kamu bisa mengubah angle foto mu. Posisikan diri di dekat jendela dan ubahlah cahaya matahari yang keras menjadi lebih lembut dengan menggunakan kain putih atau flexfill transparan.

 

2. Pilihan Background yang Pas

Background foto tentunya akan mempengaruhi estetika dari fotomu. Jika makanan yang ingin kamu potret sudah memiliki banyak warna dan bentuknya beragam, lebih baik carilahbackgroundyang polos agar orang-orang yang melihat fotomu jadi lebih fokus pada makanannya. Lakukan sebaliknya jika makananmu terlalu polos. Hal ini dapat memberikan kontras antara makanan dan background foto girls. Cara tersebut dapat mempengaruhi daya tarik dari fotomu. Fotomu juga akan terlihat rapih dan enak dipandang girls. Apalagi, ketika kamu menggunakan ponsel, tidak semua ponsel memiliki fitur pemfokusan pada titik tertentu yang bisa kamu atur sendiri.

3. Filter Tidak Berlebihan

Untuk menghasilkan foto yang bagus tidak perlu filter yang berlebihan kok girls. Dengan keterbatasan teknik editing, asal kamu menerapkan terlebih dahulu dua tips sebelumnya, foto yang akan kamu hasilkan pasti terlihat bagus. Pakailah filter seperlunya. Misalnya untuk menaikan kontras, pencerahan, dan exposure. Intinya, tidak apa-apa menggunakan filter, akan tetapi makin natural fotomu, pastinya hasilnya makin membuat orang tergiur untuk memakan makanan yang kamu potret. Lakukan sedikit editing untuk membuat warna makanan menjadi tempting juga tak apa girls.

4. Atur Framing Sesua Kebutuhan

Atur framing sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisimu saat memotret. Ketika memotret dengan ponsel, akan sulit untuk memotret dari jarak dekat tanpa membuat distorsi, terutama jika kamu ingin memotret makanan di dalam mangkuk dan gelas. Memotret makanan dari sudut 45 derajat—yang cenderung lebih mudah dilakukan jika menggunakan kamera DSLR—bisa menjadi perspektif yang tricky jika dilakukan menggunakan kamera ponsel. Kamu bisa memakai teknik zoom in dan close up girls. Tidak apa-apa jika memang ada bagian yang tidak masuk frame, kamu hanya perlu menentukan kemana fokusmu dan bagian mana yang ingin kamu tonjolkan. Dalam hal ini, memotret tegak lurus dari atas bisa jadi solusi yang bagus. Tapi tak ada salahnya bereksperimen dengan dengan berbagai angle!

Sumber: facetofeet.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Racun Pemikiran dan Budaya: Virus LGBT

Oleh: Yuli Sarwanto (Analis FAKTA)   LGBT atau GLBT adalah akronim dari “lesbian, gay, biseksual,dan ...