Home / Kabar / Nasional / KESAN PERTAMA YANG MENENTUKAN SWING VOTERS

KESAN PERTAMA YANG MENENTUKAN SWING VOTERS

Oleh : Dharul Fitrah, SE

 

Saat waktu yang sangat kruisal bagi pasangan Prabowo – Sandi (PADI) adalah bagaimana berhasil menciptakan Kesan Pertama, seperti ada tag line di sebuah merek parfum yang sebutkan seperti ini, ‘Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda’ sudah berhasil tercipta semalam pada acara Debat Capres/Cawapres pertama 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta.

 

Nampak Pasangan PADI yang sangat solmed (saling kompak, mengisi satu sama lain dan menutupi celah kelemahan satu sama lain serta saling menguasai materi, penjelasan tajam serta jawaban yang straight to the point) telah mereka ciptakan. Disini menjadi penilaian yang sangat penting dan mendalam bagi penilaian swing voters yg ada di desa-desa yang tidak memiliki smart phone yang bisa ber-medsos ria seperti pada penduduk kota. Swing voters di desa-desa diperkirakan mencapai jumlah sebesar 16 – 20% lagi yang harus diperebutkan oleh kedua pasangan calon (paslon).

 

Kesan pertama pun telah diciptakan oleh Pasangan PADI yang datang mengunakan jas berdasi. Ini membuat tampilan fashion yang sangat keren, di mana nampak kewibawaan sebagai calon pemimpin negara. Kesan ini telah mematahkan kesederhanaan yang selalu di tampilkan oleh paslon Jokowi-Ma’ruf. Karena Rakyat Indonesia kini membutuhkan figur pemimpin yang ril tanpa pencitraan.

 

Paslon PADI yang tampil dengan thema ‘Indonesia Menang Adil Makmur’ menunjukkan kejelasan sikapnya yang menampilkan integritas diri dan konsisten seperti tampak dari sikap Prabowo sebagai negarawan. Juga Sandiaga Solahudin Uno yang semalam tampil sangat cemerlang. Kontras dengan Kiyai Ma’ruf di sebelahnya yang tampak seperti “ban serep”.

Sayangnya, debat semalam masih tampak seperti cerdas cermat atau debat yang terlalu diatur, sehingga kurang nikmat ditonton. Padahal masyarakat ingin melihat/menonton secara riel kemampuan dari masing-masing paslon.

 

Meski begitu, debat perdana semalam setidaknya telah membuat decak kagum bagi swing voters dan penduduk yang ada di desa-desa yang tidak punya smartphone melihat tampilan Prabowo-Sandi.

 

(Artikel ini sudah diedit oleh redaksi tanpa mengurani konten tulisan)

About Redaksi Thayyiba

Redaksi Thayyiba
Redaktur

Check Also

Kekacauan Data Jokowi atau Memang Suka Bohong?

Oleh : Andreas Simatupang (Pengamat Ekonomi)   Jokowi sebagai kandidat petahana menyampaikan beberapa kesesatan data ...