Home / Kabar / Daerah / Kenapa Pantai Kuta Bali Ditutup? Sampah Menumpuk Ini Jawaban

Kenapa Pantai Kuta Bali Ditutup? Sampah Menumpuk Ini Jawaban

 

Ilustrasi sampah menumpuk di Pantai Kuta Bali. (Wikimedia Gerry & Bonni)
Ilustrasi sampah menumpuk di Pantai Kuta Bali. (Wikimedia Gerry & Bonni)

 

thayyiba.com :: Kuta menjadi pusat wisata di Bali yang cukup ramai wisatawan untuk melihat matahari terbenam, lalu sampah menumpuk sejak November membuat kondisi pantai ini cukup disayangkan.

Banyak timbunan sampah yang terdiri dari plastik, limbah dan bermacam ranting busuk terdampar di pinggir Pantai Kuta hingga Pantai Seminyak di Bali.

Sampah-sampah tersebut konon merupakan sampah kiriman dari wilayah perairan lainnya yang hanyut terbawa ombak dan menahun terjadi setiap bulan November hingga Maret.

Pemandangan memprihatinkan tersebut lantas membuat pemerintah setempat menutup sementara kedua pantai yang terkenal jadi primadona wisatawan yang menyambangi Bali.

Dihimpun Guideku.com dari berbagai sumber, penutupan yang dilakukan sejak Selasa (22/1) itu dimaksudkan agar memudahkan petugas melakukan pembersihan di sekitar kawasan pantai.

Selain itu, penutupan juga dimaksudkan untuk menghindarkan pengunjung dari ancaman terkena serpihan duri hingga puing sampah yang membahayakan keselamatan.

Selama masa penutupan Pantai Kuta dan Pantai Seminyak, otoritas setempat gencar melakukan sosialisasi pada para pengunjung agar tidak beraktivitas di sekitar pantai untuk sementara waktu.

Hingga laporan ini diturunkan, belum diketahui pasti kapan kedua pantai tersebut akan dibuka kembali.

Jika kondisi cuaca lekas membaik dan pembersihan pantai telah dilakukan secara menyeluruh, tak menutup kemungkinan pembukaan kembali pantai-pantai tersebut akan jauh lebih cepat.

Tapi tenang, ini hanya sementara untuk membersihkan sampah yang menumpuk tersebut agar membuat ikon tempat wisata ini kembali seperti semula.

Sumber: suara.com

About A Halia

A Halia

Check Also

JEBAKAN INFRASTRUKTUR DARI UTANG

Oleh : Miftah H. Yusuf Pati (Wartawan Senior)     MERINDING juga mendengar kabar dari ...