Home / Fashion / Life & Love / Cara Membuat Adonan Pempek Anti Gagal yang Wajib Kamu Tahu

Cara Membuat Adonan Pempek Anti Gagal yang Wajib Kamu Tahu

thayyiba.com :: Sejatinya cara membuat adonan pempek yang otentik adalah menggunakan ikan belida yang banyak ditemukan di sungai-sungai di daerah Sumatera Selatan. Ikan belida pada masanya sangat berlimpah hingga sayang akhirnya kini menjadi mahal dan mulai langka. Barulah kemudian pempek mulai diracik dengan menggunakan ikan gabus yang juga sama sedapnya.

Sebagai alternatif dari ikan air tawar, pempek juga dibuat dari ikan tenggiri, ikan kakap merah, ikan ekor kuning, dan beberapa jenis ikan lainnya. Agar tidak salah dalam cara membuat adonan pempek yang benar, ada baiknya kamu tahu beberapa tips membuat makanan khas Palembang ini. Yuk, kita simak bersama!

Perbandingan antara ikan dan daging yang pas

Komposisi antara daging ikan dan tepung tapioka yang akan membuat pempek lebih terasa adonan ikannya adalah 1:1/2 atau 1:3/4. Dengan keseimbangan bahan baku ini makan pempek akan lebih terasa ikan ketimbang tepung.

Selalu perhatikan kesegaran ikan

Agar adonan pempek tidak berbau, pastikan kamu menggunakan bahan baku fillet ikan yang masih segar dan bebas bau. Tidak melulu terbuat dari ikan belida, pempek juga biasa dibuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri.

Cara membuat adonan pempek yang baik adalah dengan menggunakan ikan tenggiri.
Ikan segar adalah salah satu kunci keberhasilan pempek yang enak. (Foto: Shutterstock)

Tepung tapioka atau kanji wajib dalam kondisi baik

Hindari asal mengaduk tepung bersama daging ikan. Seperti halnya ikan, tepung kanji yang kamu gunakan juga wajib dalam kondisi yang tidak berbau apek. Kamu tak mau kan adonan pempekmu lantas memiliki aroma dan rasa yang langu?

Gunakan es batu

Fungsi es pada cara membuat adonan pempek yang benar adalah untuk membuat adonan ikan kenyal dan tidak liat. Adonan pempek ikan yang liat juga bisa disebabkan karena komposisi tepung yang terlalu banyak.

Pembentukan adonan

Para pembuat pempek di kampung halamannya punya trik agar adonan pempek lebih mudah dibentuk. Adonan pempek biasanya didiamkan selama semalaman lalu dibentuk sesuai dengan kebutuhan, misalnya berbentuk pempek lenjer, adaan, kapal selam, atau untuk lenggang.

Cara membuat adonan pempek panggang.
Pempek panggang, cocok sebagai kudapan lezat untuk seluruh keluarga! (Foto: MAHI)

Terakhir, sebelum membuat makanan yang disandingkan dengan saus cuko ini, pastikan semua bahan segar. Dijamin hasilnya maksimal!

Sumber: masakapahariini.com

About A Halia

A Halia

Check Also

Pulanglah! Ada Surga Menuggu di Rumah Orangtuamu

  Kematian pasangan suami isteri di Magelang dirumahnya baru-baru ini tanpa diketahui orang lain selama ...