Home / Fashion / Life & Love / 5 Menu Ini Dapat Disajikan dengan Bantuan Rice Cooker

5 Menu Ini Dapat Disajikan dengan Bantuan Rice Cooker

thayyiba.com :: Memasak biasanya dilakukan dengan kompor. Tentu butuh gas ya agar api bisa menyala. Nah, bagaimana dengan anak kos yang hanya hidup di dalam kamar? Berbahaya kan kalau ada gas di dalam kamar. Bisa juga sedang di rumah dan ada kompor, tapi ternyata gas habis dan belum sempat membeli, bagaimana ya?

Tenang, memasak juga bisa dilakukan dengan menggunakan rice cooker. Biasanya alat itu hanya digunakan untuk memasak nasi. Siapa sangka ternyata beberapa menu ini juga bisa dihidangkan hanya dengan bantuan rice cooker.

1. Susu hangat dan sereal, cocok untuk sarapan

5 Menu Ini Dapat Disajikan dengan Bantuan Rice Cooker, Gak Bohong!

Menu ini sangat cocok untuk mengawali hari. Rebus air menggunakan rice cooker. Caranya sama dengan saat memasak nasi. Jika memasak nasi perlu memasukkan beras dan air, kalau ini hanya memasukkan air saja. Jika air sudah mendidih, tuang ke dalam mangkuk yang sudah berisi susu bubuk. Kemudian aduk hingga rata dan tambahkan sereal. Menu sarapan yang hangat pun sudah tersaji.

2. Bubur instan, cukup tambahkan air panas

5 Menu Ini Dapat Disajikan dengan Bantuan Rice Cooker, Gak Bohong!

Menu yang satu ini sangat praktis. Pertama, tuang semua bahan bubur instan ke dalam mangkuk. Lalu rebus air dengan menggunakan rice cooker. Setelah air mendidih, tuang ke dalam mangkuk yang sudah disiapkan tadi. Kemudian aduk hingga rata dan mengental. Bubur hangat siap disantap.

3. Mie instan, ditambah telur dan sayur semakin nikmat

5 Menu Ini Dapat Disajikan dengan Bantuan Rice Cooker, Gak Bohong!

Memang tidak sepraktis menu sebelumnya, tetapi tetap mudah dan cukup dimasak dengan rice cooker.  Potong-potong sawi hijau atau yang biasa disebut dengan caisim. Rebus air dengan menggunakan rice cooker, lalu masukkan mie instan saat air sudah mendidih. Kemudian masukkan telur.

Jika telur sudah tampak cukup matang, masukkan caisim lalu aduk agar semua matang dengan merata. Setelah semuanya matang, tuang ke dalam mangkuk. Jangan lupa buang airnya dahulu bila ingin makan mie instan yang goreng. Terakhir, tuang bumbu dan aduk hingga merata. Mie instan hangat dengan telur dan sayur dapat disajikan hanya dengan bantuan rice cooker.

4. Pecel, menu sehat ini juga bisa dibuat dengan rice cooker

5 Menu Ini Dapat Disajikan dengan Bantuan Rice Cooker, Gak Bohong!

Tenang, rice cooker juga bisa membantu untuk menghidangkan makanan sehat. Jadi, anak kos gak perlu khawatir ya. Pertama, rebus air dengan menggunakan rice cooker. Bila sudah mendidih, tuang sebagian untuk diaduk dengan bumbu pecel kemasan. Sekarang sudah banyak dijual loh bumbu pecel dalam kemasan, di mini market biasanya ada. Cukup menambahkan air panas saja bila ingin menyantapnya.

Jangan terlalu encer ataupun kental ya. Lanjutkan merebus air dalam rice cooker,lalu masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong. Kombinasi sayurannya cukup disesuaikan dengan selera. Tiriskan setelah semua sayuran matang. Campurkan dengan bumbu pecel yang sudah disiapkan. Pecel ala anak kos sudah siap dihidangkan.

5. Mie bakso, cocok nih untuk dimakan saat hujan

5 Menu Ini Dapat Disajikan dengan Bantuan Rice Cooker, Gak Bohong!

Musim hujan begini memang paling nikmat makan mie bakso panas. Cara membuatnya cukup mudah.  Seperti biasa, langkah awalnya adalah merebus air menggunakan ricecooker. Masukkan bawang putih yang sudah digeprek saat air sudah mendidih, lalu tunggu hingga bawang layu dan aromanya harum.

Setelah itu tambahkan merica bubuk dan kaldu bubuk bila suka. Bisa juga memasukkan daging, tetapi jangan lupa diiris tipis agar cepat matang. Dilanjutkan dengan memasukkan bakso, beberapa saat kemudian masukkan mie. Jika semuanya tampak mulai matang, tambahkan caisim. Nah, bakso panas siap disantap saat hujan.

Gak disangka ya, ternyata rice cookerbukan hanya bisa untuk menanak nasi. Beberapa menu nikmat tadi ternyata juga bisa dimasak dengan rice cooker. Bahan-bahan yang diperlukan mudah, cara memasaknya pun juga praktis. Rasanya langsung ingin mencobanya kan. Menu mana yang paling ingin kamu coba?

Sumber: IDN Times

About A Halia

A Halia

Check Also

6 Jenis Jamur Bernutrisi yang Wajib Kamu Coba untuk Masak

thayyiba.com :: Ada berbagai jenis jamur begitu kaya nutrisi dan biasanya diolah dalam masakan maupun obat-obatan. ...