Home / Kabar / Asia / Akademisi: Hubungan Turki-Qatar Sudah Terjalin Sejak Masa Utsmani

Akademisi: Hubungan Turki-Qatar Sudah Terjalin Sejak Masa Utsmani

Presiden Turki (kiri) bersama dengan Emir Qatar. (Sky News)

thayyiba.com – Akademisi Turki menyebut hubungan baik antara negaranya dengan Negara Qatar sudah terjalin sejak masa Turki Utsmani. Bahkan menurutnya, hubungan kuat yang tampak akhir-akhir ini adalah lanjutan dari masa lalu.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Studi Sejarah di Univeristas Muhammad Al-Fatih, Zekeriya Kursun saat menyampaikan kuliah di Doha dengan tema ‘Hubungan Qatar dan Turki sejak masa Syaikh Qasim bin Muhammad Al Tsani, pendiri negara Qatar”.

“Emir Qatar Syaikh Qasim bin Muhammad Al Tsani menjalin hubungan erat dengan Sultan Abdul Hamid II, yang naik tahta Utsmani pada akhir abad 18,” kata Kursun, seperti dikutip dari Anadolu Arabic, Selasa (18/02/2019).

Kursun menjelaskan, persahabatan keduanya tetap berlangsung bahkan sejak tahun 1916. Salah satu indikasinya adalah saat Putra Syaikh Qasim, yaitu Syaikh Abdullah bin Qasim menunda kepulangan pasukan Utsmani.

Pasca runtuhnya Turki Utsmani, imbuh Kursun, hubungan kedua negara sempat terputus. Lalu di tahun 1979, hubungan itu terhubung kembali saat Turki sudah berbentuk republik.

About Azah

Check Also

Bahas Teror Selandia Baru, OKI Gelar Pertemuan Darurat di Istanbul

Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan membahas serangan teroris di Selandia Baru dan meningkatnya kekerasan dipicu Islamofobia pada Jumat (22/03/2019) esok.