Home / Kabar / Asia / Maju Jadi Calon Wali Kota Istanbul, Binali Yildirim Undur Diri dari Kursi Ketua DPR Turki

Maju Jadi Calon Wali Kota Istanbul, Binali Yildirim Undur Diri dari Kursi Ketua DPR Turki

Binali Yildirim. (Haberturk)

thayyiba.com – Ketua DPR Turki Binali Yildirim mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin (19/02/2019). Sebabnya, Mantan Ketua Partai AKP itu akan menjadi salah satu kontestan dalam pemilihan Wali Kota Istanbul.

“Setelah makan makanan ini, hal yang akan saya lakukan adalah mengajukan petisi pengunduran diri kepada Majelis Agung Nasional (sebutan untuk DPR Turki),” kata Yildirim seperti dikutip dari kantor berita Anadolu, Selasa (19/02/2019).

“Besok pagi pukul 9.00 pagi, saya akan menyerahkan kursi pimpinan kepada anggota parlemen dari Istanbul, Celal Adan, sebagai ketua DPR,” imbuhnya. Penyerahan ini merupakan hal yang biasa dilakukan kepaa Ketua sementara sampai pemilihan dilakukan.

Yildirim adalah Ketua DPR Turki pertama dalam konstitusi baru yang berlaku di negara itu, yaitu presidensial. Selain itu, Yildirim juga merupakan Perdana Menteri terakhir dalam sejarah Turki.

“Saya juga Ketua DPR pertama yang juga menjadi kandidat wali kota,” imbuhnya.

Pemilihan kepala daerah di Turki sendiri dijadwalkan akan digelar pada tanggal 31 Maret 2019 mendatang.

About Azah

Check Also

Bahas Teror Selandia Baru, OKI Gelar Pertemuan Darurat di Istanbul

Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan membahas serangan teroris di Selandia Baru dan meningkatnya kekerasan dipicu Islamofobia pada Jumat (22/03/2019) esok.