Home / Kabar / Asia / Menhan Turki Sebut Siap Bersihkan Perbatasan Suriah dari Kelompok Teroris

Menhan Turki Sebut Siap Bersihkan Perbatasan Suriah dari Kelompok Teroris

Menhan Turki Hulusi Akar (Foto Anadolu)

thayyiba.com :: Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar menyebut rencana yang disusun negaranya untuk membersihkan teroris di wilayah Manbij dan Timur Sungai Efrat di Suriah telah siap dijalankan.

Dilansir dari Anadolu Arabic, Senin (25/02/2019), hal itu disampaikan Akar saat menghadiri kampanye untuk pemilihan kepala daerah di kota Kayseri. Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Rencana kami untuk membersihkan Manbij dan Timur Efrat dari teroris dan mewujudkan keamanan telah siap. (Rencana) itu juga untuk memberikan kesempatan bagi warga Suriah untuk kembali ke rumah mereka dengan selamat,” kata Akar.

Akar melanjutkan, rencana itu akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat dengan arahan dari Presiden Erdogan.

Mantan Kepala Intelijen Turki itu menegaskan, pihaknya akan terus menumpas teroris hingga tetes darah terakhir.

Lebih lanjut, Akar juga menyebutkan perihal produksi pertahanan dalam negeri Turki. Menurutnya, saat ini persenjataan buatan dalam negeri telah mencapai 70 persen.

Diketahui, bulan Juni 2018 lalu Turki dan Amerika Serikat (AS) sepakat ‘peta jalan’ berkenaan dengan wilayah Manbij Suriah. Kedua pihak sepakat untuk mengeluarkan milisi PKK/YPG dari Manbij, serta menjamin keamanan dan stabilitas di kawasan itu.

PKK atau YPG merupakan milisi bersenjata Kurdistan yang menjadi mitra AS dalam memberantas ISIS namun dianggap teroris oleh Turki.

About Azah

Check Also

Raja Malaysia: Islam Cara Hidup Universal tak Pandang Ras

    Islam harus dipahami sebagai agama yang datangkan keberkahan. thayyiba.com :: Raja Malaysia Sultan Abdullah ...