Home / Artikel / Teknologi / 8 Fitur Tersembunyi Google Chrome, Internetan Makin Asyik!

8 Fitur Tersembunyi Google Chrome, Internetan Makin Asyik!

 

8 Fitur Tersembunyi Google Chrome| Internetan Makin Asyik!
Kamu sering pakai Google Chrome untuk internetan? Kalau iya, kamu wajib tahu 10 fitur tersembunyi dari Google Chrome supaya internetan makin asyik!

thayyiba.com :: Salah satu browser andalan untuk berselancar di dunia maya adalah Google Chrome. Beragam fitur yang dihadirkan memudahkan kita dalam mencari informasi di internet.

Tapi kemampuan Chrome enggak cuma itu geng! Sebenarnya masih banyak lo fitur-fitur tersembunyi yang enggak banyak orang tahu, padahal berguna banget.

Kamu enggak perlu khawatir karena Jaka akan kasih tahu kamu 8 fitur-fitur tersembunyi Google Chrome yang wajib kamu tahu!

Sejak dirilis pertama kali pada tanggal 2 September 2008, Chrome langsung mencuri perhatian dan mejadi pesaing browser yang sudah hadir terlebih dahulu seperti Internet Exploler, Opera, hingga Firefox.

Pada tahun 2018, StatCounter memperkirakan bahwa Chrome menguasai sekitar 61% pasar browser di seluruh dunia.

10 tahun setelah perilisannya, tentu Chrome sudah bukan sekadar browser lagi. Ia telah berevolusi menjadi sesuatu yang lebih dari itu dengan adanya fitur-fitur tersembunyi. Apa saja?

1. Mencari Secara Langsung Pada Web Melalui Address Link

Fitur Tersembunyi Google Chrome 1

Kamu tahu enggak sih kalau kamu bisa mencari sesuatu di website tanpa perlu masuk ke dalam website tersebut? Chrome punya fitur untuk itu geng!

Caranya, kamu cukup memasukan website yang ingin kunjungi, misal jalantikus.com. Setelah mengetikkan situs tersebut, tekan tombol TAB.

Setelah kamu menekan Tab, kamu akan melihat situs yang akan kamu kunjungi akan berubah warna menjadi biru di sebelah kiri. Masukkan keyword yang ingin kamu cari di situs tersebut seperti HP Murah atau Game Terbaru.

Tapi perlu kamu inget geng kalau enggak semua situs bisa mendukung fitur tersebut.

2. Memindahkan Beberapa Tab Sekaligus

Kamu pernah kan memindahkan tab menjadi windows sendiri untuk memudahkan kamu mengerjakan tugas? Nah, ternyata kamu bisa memindahkan beberapa tab sekaligus lo geng!

Caranya, kamu cukup menekan Ctrl lalu klik tab yang ingin kamu pindahkan.

3. Notepad di Dalam Chrome

Fitur Tersembunyi Google Chrome 3

Ketika menjadi seorang notulen rapat, kita sering menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Office Word ataupun Notepad. Tapi kamu tahu enggak geng kalau Chrome juga bisa dimanfaatkan untuk itu?

Caranya mudah banget geng! Kamu cukup memasukkan data:text/html, ke adress link. Kamu langsung bisa deh mengetik langsung di Chrome!

4. Pin Tab

Fitur ini sangat berguna apabila kamu membuka beberapa tab sekaligus dan khawatir tab yang penting akan tanpa sengaja kamu tutup.

Klik kanan pada tab yang tidak ingin kamu tutup, klik kanan, pilih Pin Tab. Secara otomatis, tab tersebut akan pindah ke paling kiri.

5. Task Manager

Fitur Tersembunyi Google Chrome 2

Sama seperti sistem operasi Windows, Chrome pun memiliki Task Manager yang berguna untuk mengecek halaman mana yang membuat komputermu melambat ataupun kecepatan browsing yang lemot.

Caranya, klik menu titik tiga yang ada disudut kanan, pilih More tools, lalu buka Task manager.

6. Membuka Kembali Tab yang Tanpa Sengaja Tertutup

Jaka yakin kamu pernah tanpa sengaja menutup tab yang sebenarnya masih kamu butuhkan. Enggak perlu panik karena Chrome memiliki fitur canggih untuk membuka kembali tab tersebut.

Kamu cukup klik kanan pada tab lain dan klik kanan. Nanti akan ada pilihan Reopen closed tab. Cara lainnya, kamu cukup menekan tombol Ctrl + Shift + T.

7. Game T-Rex

Fitur Tersembunyi Google Chrome 4

Internet putus pasti membuat semua orang merasa sebal. Ini juga disadari oleh pihak pengembang Google Chrome. Maka dari itu, mereka membuat game untuk membunuh perasaan sebalmu.

Ketika menggunakan Chrome tanpa ada internet, akan muncul T-Rex bukan? Tekanlah tombol spasi untuk mulai memainkan sang T-Rex.

8. Tab Tersembunyi

Chrome juga dilengkapi dengan fitur Incognito Window yang berfungsi untuk menyembunyikan segala aktivitasmu di dunia maya. Apapun yang kamu lakukan di Incognito Window tidak akan muncul di history.

Cara membukanya, klik menu titik tiga yang terletak di pojok kanan atas, pilih New Incognito Window.

Akhir Kata

Itu dia geng 8 fitur tersembunyi Google Chrome yang perlu kamu tahu. Apa kamu masih punya fitur rahasia lainnya yang belum Jaka sebutin? Share di kolom komentar ya!

Sumber: jalantikus.com

About A Halia

A Halia

Check Also

3 Cara Mengetahui HP Kita Disadap Orang Lain (Ampuh)

  Kini kejahatan di dunia maya semakin canggih. Ada baiknya kamu paham cara mengetahui ciri-ciri ...