Home / Kabar / Asia / Erdogan Umumkan Kemenangan AKP dalam Pemilihan Lokal Serentak

Erdogan Umumkan Kemenangan AKP dalam Pemilihan Lokal Serentak

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto Aljazeera)

thayyiba.com :: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan kemenangan partainya dalam pemilihan lokal yang digelar pada Ahad (31/03/2019) kemarin. Erdogan menyebutkan, AKP memenangi 56 persen pemilihan wali kota di Turki.

Ketua Partai AK itu menambahkan, rakyat Turki membuat partainya berhasil memenangi pemilu sebanyak 15 kali berturut-turut. AKP, imbuhnya, baik secara mandiri maupun bersama koalisi menang di 778 wilayah, dari 81 provinsi yang ada.

“Hasil pemilihan daerah menunjukkan ada 56 persen daerah di Turki akan dipimpin oleh AKP,” kata Erdogan seperti dilansir dari Aljazeera, Senin (01/04/2019).

“Kami akan mengevaluasi kekurangan, dan memperbaikinya. Jika kami memiliki kekurangan, maka itu merupakan hutang yang harus kami pikul,” imbuhnya.

Erdogan menekankan, dalam masa pemerintahan ini pihaknya akan fokus pada penguatan baik lokal maupun internasional. Ia juga bertekad akan membawa Turki pada skala peradaban yang lebih tinggi dari saat ini.

“Prioritas kami hingga tahun 2023 adalah memeprkuat ekonomi, melanjutkan pertumbuhan dengan berfokus pada teknologi, ekspor dan tingkat lapangan pekerjaan,” pungkasnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, Turki menggelar pemilihan daerah secara serentak di 81 provinsi di negara itu. Hasilnya, Koalisi Rakyat yang dipimpin AKP berhasil memenangi pemilihan secara umum.

AKP juga berhasil keluar sebagai pemenangan di banyak kota dan provinsi. Hanya saja, partai yang berkuasa sejak 2002 itu kalah di sejumlah kota besar seperti Ankara dan Istanbul. (thayyiba.com)

About Azah

Check Also

Dua Pemukim Israel Terluka Ditusuk Warga Palestina

Dua pemukim Israel dikabarkan terluka akibat serangan warga Palestina di Kota Azzun, Qalqiya, Tepi Barat, Sabtu (07/09/2019).