Home / Kabar / Asia / Uni Eropa Kecam Keras Hukuman Mati di Arab Saudi

Uni Eropa Kecam Keras Hukuman Mati di Arab Saudi

Bendera Uni Eropa. (Foto CFR)

thayyiba.com :: Hukuman mati yang diberlakukan oleh Kerajaan Arab Saudi menuai kecaman dari dunia internasional. Lembaga Hak Asasi Manusia (HAM) dan sejumlah negara menilai hukuman tersebut harus dihentikan karena tidak menghormati HAM.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa mengatakan pihaknya menentang hukuman mati di Arab Saudi. Menurutnya, selama tahun 2019 ini saja telah ada lebih dari 45 eksekusi mati yang dilakukan Riyadh.

“Uni Eropa secara tegas menentang penggunaan hukuman mati dalam semua kasus dan tanpa pengecualian,” kata Federica Mogherini dalam sebuah pernyataan resmi, seperti dikutip dari kantor berita Anadolu, Rabu (03/04/2019).

“Kerajaan Arab Saudi dalam beberapa hari terakhir mengeksekusi empat orang yang dihukum karena perdagangan narkoba. Eksekusi baru-baru ini membuat jumlah orang yang dihukum mati sejak Januari 2019 menjadi lebih dari 45,” imbuhnya.

Dia mengatakan hukuman mati adalah hukuman yang kejam dan tidak manusiawi. Bahkan ia menilai hukuman itu gagal memberikan efek jera.

Arab Saudi berada di bawah tekanan atas penahanan para tahanan politik dan aktivis, di mana dalam beberapa bulan terakhir, tekanan meningkat pesat setelah klaim bahwa aktivis perempuan yang ditahan dihukum dengan cambukan dan kejutan listrik. (thayyiba.com)

About Azah

Check Also

Pesawat Tempur Israel Serang Basis Militer Al-Qassam di Gaza

Angkatan Udara Zionis Israel menyerang sejumlah basis militer Brigade Izzuddin Al-Qassam di Jalur Gaza, Sabtu (07/08/2019) kemarin.